Indonesia Terima Pinjaman 10 Isotanks dari India

Indonesia kembali menerima dukungan dari Pemerintah India berupa pinjaman 10 (sepuluh) unit isotanks untuk Liquid Medical Oxygen (LMO) dengan kapasitas masing – masing 20 MT, dalam rangka membantu penanganan pandemi Covid-19. Sebelumnya pada 24 Juli 2021 Pemerintah India juga telah member​ikan hibah bagi Indonesia berupa 300 (tiga ratus unit) oxygen concentrator dan 100 MT (seratus metrik ton) Liquid Medical Oxygen guna penanganan Covid-19.  

Sebanyak 10 unit isotanks dari India dimaksud tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada 24 Agustus 2021 pukul 11:00 WIB dan diserahterimakan oleh Dubes India untuk Indonesia, Y.M. Manoj Kumar Bharti, kepada Kementerian Kesehatan yang diwakili oleh Plh. Kepala Pusat Krisis Kesehatan, Bapak Dr. Sumarjaya.

Menurut rencana, isotanks yang telah diserahterimakan ke Kementerian Kesehatan dimaksud akan langsung disalurkan ke wilayah Jawa Timur, DIY dan Sumatra dengan dukungan fasilitas transportasi dari PT Pertamina.

Sebagai Mitra Komprehensif Strategis, yang memiliki kedekatan dari akar sejarah dan budaya, Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Pemerintah India atas bantuan yang kembali disampaikan dalam rangka penanganan Covid-19.

Plh. Kapuskris Kemenkes menyampaikan apresiasi kepada pihak India atas penyampaian bantuan kedua ini, dan berharap kerjasama antara kedua negara dapat terus diperkuat dan diperluas, baik saat pandemi, maupun di masa mendatang. Dubes India untuk Indonesia dalam sambutannya saat serah terima juga sampaikan dukungan ini sekali lagi membuktikan kedekatan kedua negara yang tidak hanya secara geografis, namun juga dalam kemitraan kerjasama bidang – bidang strategis.

Indonesia dan India akan terus berkomitmen memperkuat dan mengembangkan kerjasama di berbagai bidang, baik dalam lingkup bilateral, regional dan multilateral, serta saling bahu-membahu dalam upaya pemulihan kondisi ekonomi dan kesehatan yang terdampak

Satu tanggapan untuk “Indonesia Terima Pinjaman 10 Isotanks dari India

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *