Persiapan Evakuasi, WNI di Ukraina Diminta Berkumpul di KBRI Kyiv

Kementerian Luar Negeri mengimbau warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Ukraina untuk berkumpul di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kyiv. Peringatan ini dilakukan karena meningkatnya eskalasi konflik Ukraina, menyusul pernyataan operasi militer oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Kami meminta WNI yang ada di Ukraina untuk berkumpul di KBRI Kyiv. Bagi WNI yang tidak memungkinkan untuk berkumpul di KBRI Kyiv, kami meminta mereka bertahan di tempat sambil kami mencari jalur yang aman untuk evakuasi warga yang tidak dapat berkumpul di KBRI Kyiv,” kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha pada Kamis, 24 Februari 2022

Dari data yang dilaporkan KBR Kyiv, jumlah WNI di Ukraina adalah sebanyak 138 orang termasuk 33 orang yang bertugas di KBRI yang sebagian besar berdomisili Di Kyiv. Di Perbatasan, ada satu WNI yang tinggal di Donetsk, dua orang di Luhansk dan Lima orang di Kharkiv.

Kementerian Luar Negeri RI menyampaikan KBRI di Kyiv sudah membuat rencana darurat bagi WNI jika situasi di Ukraina memburuk. Kemlu telah menyusun rencana kontingensi sebagai antisipasi yang memuat tiga tahap, yakni, status darurat tiga, dua, dan satu.

Prioritas Kemlu dan KBRI adalah memastikan jika WNI selamat dan berkumpul terlebih dahulu di Kyiv. KBRI Kyiv menyatakan hingga kini belum ada rencana pemulangan WNI ke tanah air.

Dari data yang diterima kondisi WNI saat ini masih dalam kondisi baik dan sehat. Komunikasi antara sesama warga dan pihak KBRI Kyiv terus dilakukan.

Ketegangan di Ukraina semakin meningkat setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan dalam pidatonya pada Kamis, 24 Februari 2022, untuk melakukan operasi militer khusus di tanah tetangganya itu. Putin menyebut ingin demiliterisasi dan denazifikasi Ukraina, demi melindungi orang-orang yang telah menjadi sasaran genosida rezim Kyiv.

Satu tanggapan untuk “Persiapan Evakuasi, WNI di Ukraina Diminta Berkumpul di KBRI Kyiv

  • 5 Maret 2022 pada 15 h 53 min
    Permalink

    Tuhan selalu melindungi para WNI yang berada di Ukraina

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *