Lebih dari 600 Pengunjung dan Sejumlah Influencer Amerika Padati Booth Indonesia di Bay Area Travel and Adventure Show 2022

Tampil pada pameran San Francisco/Bay Area Travel and Adventure Show 2022, di Santa Clara Convention Center, 21-22 Mei 2022, booth Indonesia berhasil menarik lebih dari 600 orang pengunjung. Melalui partisipasi pada salah satu pameran pariwisata terbesar di California Utara -Amerika Serikat ini, KJRI San Francisco kembali mempromosikan kepada publik Amerika mengenai pariwisata Indonesia yang dibuka kembali untuk wisatawan mancanegara.

“Kami mencatat sejumlah pengunjung yang telah memesan tiket ke Bali dan beberapa destinasi pariwisata lainnya. Beberapa pengunjung juga menanyakan paket-paket wisata yang dapat dikunjungi, aturan imigrasi terkini serta protokol kesehatan yang perlu diketahui. Kami sampaikan pula hingga saat ini, Pemerintah RI memberikan Visa on Arrival kepada 60 negara, termasuk Amerika Serikat.” Demikian jelas Nugroho Y Aribhimo, Konsul Ekonomi KJRI San Francisco. 

Ditambahkan, bahwa pariwisata Indonesia diminati oleh masyarakat Amerika Serikat yang dibuktikan dengan adanya sejumlah testimoni dari pengunjung yang pernah berkunjung ke Indonesia dan besarnya antusiasme  mereka untuk berkunjung kembali. 

“Kami pernah berkunjung ke beberapa tempat di Indonesia, seperti Jawa, Kalimantan, Bali, dan Flores.  Sangat banyak yang menarik di Indonesia, mulai dari alamnya, budaya hingga makanannya. Kita juga melihat Komodo, salah satu keunikan yang dimiliki Indonesia. Semua hal di Indonesia sangat menarik. Perjalanan berikutnya kami akan berkunjung ke Sumatera”. Demikian urai Sarah dan Stevan, pasangan dari kawasan Bay Area menerangkan kesan mereka selama berlibur di Indonesia. 

Selain itu, testimoni pengunjung mengenai Indonesia juga disampaikan oleh Jim dan Istri, salah satu pasangan Amerika lainnya yang menceritakan pengalaman mereka menghabiskan waktu selama sebulan di Pulau Dewata, Bali. “Bagi kami, 3 hal tentang Indonesia, beautiful, wonderful and the food is good.Kami berfikir untuk kembali berlibur ke Indonesia”. 

Partisipasi Indonesia pada San Francisco/Bay AreaTravel and Adventure Show 2022 ikut didukunginfluencer yang menjadi pembicara di sela-sela pameran. Antara lain, Julian Douglas (https://www.instagram.com/juliandouglas/?hl=en). “Hadirin semua, pariwisata di banyak negara mulai pulih, dimana pada Travel and Adventure Show 2022 ini, kita lihat banyak negara yang ikut serta. Seperti yang anda lihat disana Booth Indonesia. Kunjungi, dan anda akan temukan betapa menariknya Indonesia untuk anda jadikan tujuan kunjungan wisata anda”, jelas Julian Doglas, sambil menunjuk booth Indonesia saat memberikan presentasi di panggung Savvy Traveler Theater, Travel and Adventure Show 2022

Ditemui secara terpisah, Julian dan istrinya menyampaikan minat untuk berkunjung ke Indonesia. “Sebagai travel advisor, saya telah berkunjung ke banyak negara, namun saya belum pernah berkunjung ke Indonesia. Melihat Indonesia melalui pameran Travel and Adventure Showini membuat saya tertarik untuk berkunjung dan berbagi cerita tentang Indonesia. Bali, Jawa, dan daerah lainnya. Semoga tahun ini atau tahun depan, saya dan istri bisa mengunjungi Indonesia. Pengalaman di Indonesia akan kami tulis dan bagikan kepada yang lainnya”, imbuh Julian. 

Selain Julian, influencer yang ikut berkunjung ke booth Indonesia adalah Sarah Dandashy (https://www.imdb.com/name/nm3222100/) seorang Travel Expert & Content Creator, yang dengan follower 146.000, juga menjadi salah satu pembicara di sela-sela pameran. “Saya telah mengelilingi dunia. Salah satu destinasi favorit saya adalah Indonesia. Begitu banyak pulau, budaya, dan kekayaan sejarah, pemandangan yang sangat indah. Saya sangat senang untuk berkunjung kembali ke Indonesia dan saya undang kawan-kawan dan publik lainnya juga berkunjung ke Indonesia”. Demikian terang Sarah yang pernah berkunjung ke Tanjung Pinang, Riau. 

San Francisco/Bay Area Travel and Adventure Show 2022 yang berlangsung selama 2 hari itu dikunjungi lebih dari 2000 pengunjung setiap harinya. Selain peserta dari Amerika Serikat, kegiatan pameran diikuti lebih dari 120 peserta internasional, yang diwakili oleh sejumlah perwakilan asing dan perwakilan pariwisata di kawasan California Utara, juga sejumlah biro perjalanan wisata asing, travel advisor dan travel influencer, termasuk beberapa perusahaan penerbangan, dan perusahaan yang menjual produk pendukung pariwisata.

KJRI SF juga mengikutsertakan sebuah biro perjalanan di kawasan California Utara yang selama ini aktif menjual paket wisata Indonesia yaitu Sayang Holliday. Selain itu, KJRI San Francisco juga didukung oleh biro perjalanan di Indonesia yaitu TREVI.co untuk menawarkan paket-paket perjalanan wisata, khususnya wisata eksotis yang menarik bagi publik Amerika. 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI juga turut mendukung partisipasi KJRI pada pameran tahun 2022 dengan menyediakan sejumlah bahan promosi dan souvenir sebagai hadiah menarik kepada para pengunjung. 

Selain itu, juga dicatat partisipasi dukungan dari Harry Sutardji, Regional Manager International Operations Division Indofood yang ikut mendukung kemeriahan booth Indonesia dengan menyediakan hadiah tambahan berupa indomie untuk dibagikan kepada para pengunjung. Booth KJRI San Francisco tidak hanya promosi pariwisata Indonesia, namun juga sekaligus mempromosikan produk makanan Indonesia kepada pengunjung booth.
  
“Tahun ini, kita adakan permainan spin wheel games dan kepada pengunjung kita mintakan pula untuk mengisi survey seputar pariwisata Indonesia. Kita ingin mengetahui sejauh apa pemahanan pengunjung tentang Indonesia. Jadi kita lontarkan sejumlah pertanyaan seputar destinasi, kota, makanan, dan keunikan Indonesia. Kepada pemenang kita sediakan hadiah menarik, berupa produk-produk handicraft dan makanan Indonesia, seperti kaos, kopi Indonesia, permen kopi dan hadiah menarik lainnya. Selain itu, juga kita berikan hadiah paket mie instan, kepada pengunjung. Demikian penjelasan Daniel, salah satu staf KJRI San Francisco yang menjadi penjaga booth Indonesia. 

Menutup partisipasi Indonesia pada pameran ini, Konsul Jenderal (Konjen) RI Prasetyo Hadi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung KJRI San Francisco pada pameran pariwisata tahun 2022 ini. “Kami haturkan terima kasih banyak kepada semua mitra, dan kita kembali akan berpartisipasi pada pameran tahun 2023. Semoga lebih banyak lagi kreatifitas yang dapat kita ciptakan dan kolaborasi yang lebih luas dengan berbagai pihak. Sehingga pariwisata Indonesia lebih menarik dan wisatawan Amerika Serikat ke Indonesia terus bertambah”. 

KJRI San Francisco mengoptimalkan momentum pameran ini untuk menarik lebih banyak wisatawan Amerika ke Indonesia. Sebelum pandemi, tahun 2019, jumlah wisatawan AS ke Indonesia tercatat 417 ribu orang, dan pada awal tahun 2022, jumlah pengunjung AS ke Indonesia menempati posisi ke-5. 

“Dengan kegiatan promosi yang terus menerus dan penanggulangan pandemi yang semakin membaik di Indonesia, kita optimis jumlah wisatawan asal Amerika ke Indonesia pada tahun 2022 ini akan kembali meningkat. Untuk itu, guna mendorong pemulihan ekonomi maupun kehadiran partisipasi KJRI San Francisco pada pameran Travel and Adventure Show 2022, KJRI SF akan lanjutkan kegiatan promosi-promosi lainnya. Kita akan jajaki kegiatan pertemuan antar biro perjalanan Indonesia dan AS yang berada California Utara, termasuk dengan mitra maskapai penerbangan. Selain itu, kita akan terus berkolaborasi dengan para influencer dan media untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di masa pandemi maupun post pandemi lebih luas lagi. Tentunya juga menjajaki pula kemungkinan mengadakan kegiatan farmtrip”, tutur Konjen RI di San Francisco, Prasetyo Hadi.​

Satu tanggapan untuk “Lebih dari 600 Pengunjung dan Sejumlah Influencer Amerika Padati Booth Indonesia di Bay Area Travel and Adventure Show 2022

  • 25 Mei 2022 pada 21 h 01 min
    Permalink

    Perekonomian Indonesia semoga bangkit kembali

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *