Pameran Lukisan Tunggal Karya Andi Sopiandi “Dan Aku, Telah MenemukanMU”

Karya ini merupakan hasil pilihan panjang perjalanan Andi selama menjadi pelukis. Dengan Tema “Dan Aku Telah MenemukanMU” adalah sebuah spiritual yang tinggi.

Kurator Pameran Aendra Medita mengatakan bahwa Andi Sopiandi merupakan salah satu seniman lukis muda yang produktif aktif. Ia juga kerap berpameran di tanah air dan sejumlah negara di dunia. Andi adalah seorang seniman sekaligus guru gambar sejumlah sanggar lukis. “Konsistensi Andi dalam dunia seni telah mengantarkan dia ke tingkat yang lebih hakiki. Hal-hal yang bagi dia menekuni seni lukis dalam aliran apapun mampu ia kuasai. Karya kaligrafi yang sublim masuk tahap faktor kematangan usia, yang lebih menemukanNya yaitu Allah Yang Maha Kuasa,” tulis Aendra dalam katalog.

Karya Andi juga dapat memacu spirit baru bagi seluruh pelukis muda generasi selanjutnya. Ada konsisten dari perjalanan Andi dan memberikan kontribusi positif bagi nilai karyanya yang mumpuni. “Sebagai pelukis Andi Sopiandi sangat kuat menangkap sebuah makna besar dari alam dan jiwa-jiwa, pun demikian dengan karya spiritualnya,” tambah Aendra.

Pada pameran kali ini yang sudah ia bayangkan awalnya datang dari spirit mengikuti Training Emotional and Spiritual Quotient (ESQ) Peduli Pendidikan Jawa Barat Angkatan 08 di Bale Asri Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Bandung (13 – 15 Maret 2007).

Selama tiga hari pelatihan selalu diawali membacakan Asmaul Husna, saat itu terbayang ingin membuat karya lukisan tersebut dengan ukuran besar. Tak terasa belasan tahun berjalan dan ide itu belum juga tertuang di atas kanvas. “Hingga pada pertengahan Desember 2021, dalam keadaan sakit sudah satu minggu lebih yang seharusnya istirahat, justru lukisan Asmaul Husna akhirnya dibuat dan selesai,”ungkap Andi.

Pelukis Andi sangat menikmati proses mencipta karya yang secara tidak langsung menjadi proses pemulihan sakit. Menulis atau membaca huruf Asmaul Husna menjadi obat. Selain lukisan Asmaul Husna yang merupakan salah satu karya masterpiece, ada juga lukisan lainnya. Pameran lukisan tunggal karya kali ini berbeda gaya mulai dari lukisan kaligrafi, abstrak ekspresionis, hingga kolase, namun diambil benang merahnya tentang lukisan perjalanan religi.

”Hampir 16 tahun tidak berpameran tunggal ada kerinduan yang mendalam. Selama itu juga ada pencarian untuk mempelajari hingga mendatangi beberapa tempat galeri-galeri atau museum seni rupa di dalam dan luar negeri sebagai jelajah referensi,” ungkap Andi.

Andi Sopiandi akan menggelar pameran tunggal karya lukisnya di Studionya di Dago Bandung, Jl. Cigadung Raya Barat Gg. Cipaheut Kidul No. 34 RT 02 – RW 03 Dago Bandung pada (2-16 Juli 2022). Pada acara ini karya Andi hanya 15 karya bebagai ukuran dari ukuran besar hingga kecil dan inilah puncak ia memberikan sajian karyanya yang monumental.

Satu tanggapan untuk “Pameran Lukisan Tunggal Karya Andi Sopiandi “Dan Aku, Telah MenemukanMU”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *