Reog Ponorogo Gemparkan Belanda dan Brussel

Pertunjukan Reog Ponorogo menggemparkan Tong-Tong Fair. Ribuan pengunjung ikut antre membeli tiket masuk festival tertua dan terakbar keempat di Belanda itu, Jumat (9/9) malam.

Duta Besar RI untuk Belanda HE Mayerfas menyatakan bahwa pertunjukan Reog Ponorogo sudah lama ditunggu-tunggu. Selain memiliki keunikan karena reog merupakan tari topeng paling besar di dunia, Belanda memiliki hubungan historis panjang dengan Indonesia. ‘’Orang-orang Belanda sudah lama mengetahui reog, mereka antuasias ingin melihat langsung pertunjukannya,’’ katanya.

Dok.Kominfo Jatim

Reog tidak lagi dapat dipisahkan dengan Ponorogo. Dengan tampil di Tong-Tong Fair yang menjadi salah satu festival tertua dan terakbar keempat di Belanda, reog semakin layak mendapat pengakuan sebagai warisan budaya tak benda dari UNESCO. Tong-Tong Fair tahun ini tercatat yang ke-62 sejak kali pertama digelar 1959 silam. ‘’ ’Reog Ponorogo Goes to Europe membuat masyarakat dunia khususnya Eropa akan semakin mengenalnya,’’ ungkap Dubes Mayervas.

Dok. KBRI Brussel

Selain memukau warga Belanda, Kesenian Reog Ponorogo juga memukau warga Brussel Belgia, di acara “Indonesia Month”, yang digelar di Plasa Perpustakaan Oostende Brussel, Sabtu 10 September 2022. Kesenian Reog Ponorogo bisa tampil untuk pertama kalinya di Belgia ini atas kerja sama pemerintah Provinsi Ponorogo dan KBRI Brussel.

Tim kesenian Reog Ponorogo diawali tarian oleh warok dan jatilan disemarakan ramainya musik khas Reog menarik perhatian warga yang hadir dalam acara tersebut. Aksi Singo Barong membuat pengunjung tak beranjak dari tempat duduknya, betah dan mengundang tepuk tangan penonton.

4 tanggapan untuk “Reog Ponorogo Gemparkan Belanda dan Brussel

  • 17 September 2022 pada 6 h 09 min
    Permalink

    Sebagai orang Ponorogo baca ini ikut bangga 👏

    Balas
  • 17 September 2022 pada 6 h 09 min
    Permalink

    Reog Ponorogo go Internasional !!

    Balas
  • 17 September 2022 pada 6 h 11 min
    Permalink

    Bravo! Sukses selalu

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *