Menengok Jembatan Eiffel di Kota Girona

Catatan Caesar M Putri

Kota Girona terletak di provinsi Girona, Cataluña. Kota ini sangat unik, karena daerahnya mengalir empat sungai sehingga membentang sebelas jembatan dan salah satu yang terkenal adalah Pont de les Peixateries Velles atau Old Fishmongers bridge.

Plakat Jembatan

Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti jembatan Penjual Ikan Tua, mungkin dulunya di sini banyak penjual ikan. Namun saya sendiri belum menemukan sejarah penamaan jembatan tersebut.

Eiffel Brigde Girona

Hal yang menjadikan jembatan tersebut terkenal adalah desain dan konstruksinya oleh Gustave Eiffel, seorang insinyur yang juga merancang dan membangun Eiffel tower di Paris, Prancis. Sehingga jembatan ini lebih dikenal dengan sebutan Eiffel Bridge atau jembatan Eiffel.

Berfoto di jembatan peninggalan bersejarah

Pembangunan jembatan Eiffel ini dimulai tahun 1877 atau hanya beberapa tahun sebelum pembangunan Eiffel tower. Terbuat dari besi dan bercat merah tua membuat jembatan ini lebih menonjol dibanding jembatan-jembatan lain di Girona. Alas jembatannyapun terbilang unik, karena terbuat dari aspal yang dilapisi kayu untuk mencegah karat. Jembatan yang melintas di atas sungai Onyar dan menghubungkan pusat kota tua dan kota baru Girona ini, desainya sangat mirip Eiffel Tower, sehingga bisa disebut sebagai Effiel Tower versi horizontal.

Tangga menuju jembatan merah

Seperti halnya Eiffel tower di Paris yang dipenuhi Pengunjung, Eiffel Bridge ini juga banyak didatangi wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang ingin menyaksikan salah satu karya Gustave Eiffel tersebut.

Jika pengunjung masuk dari sisi kota tua di jalan Santa Clara atau Carer de Santa Clara, pengunjung perlu sedikit masuk ke gang sempit yang berada di bawah bangunan, Carer de Les Hortes, dan kemudian menaiki beberapa anak tangga untuk mencapai jembatan yang dikhususkan untuk pejalan kaki. Melintasi jembatan dengan panjang sekitar 41.5 meter dan lebar 2.7 meter tersebut, memungkinkan para pengunjung melihat aliran sungai Onyar yang dibentengi oleh rumah-rumah indah bercat cerah yang didominasi warna orange di kanan kirinya. Berhenti sejenak di tengah jembatan, kita akan melihat bagian atas Catedral de Girona yang menjulang tinggi.

Setelah sampai di seberang jembatan, kita akan menuruni anak tangga kembali dan menemukan Rambla de La Libertat yang berada di Carer de L’Argenteria. Rambla bisa diartikan sebagai jalan panjang yang dikhususkan bagi pejalan kaki, yang kanan dan kirinya berderet tempat-tempat belanja dan bersantap.

Rumah-rumah di sepanjang sungai

Mulai dari toko baju, souvenir, café, restoran, hingga toko bunga. Tak lupa di sepanjang Rambla juga disediakan beberapa bangku panjang untuk tempat duduk-duduk jika pengunjung ingin menikmati suasana kota. Bagi anda yang ingin berkunjung ke kota Girona, Eiffel Bridge salah satu destinasi yang wajib dikunjungi.

2 tanggapan untuk “Menengok Jembatan Eiffel di Kota Girona

  • 16 Juli 2023 pada 6 h 31 min
    Permalink

    Tulisan yang keren banget jadi tahu kalau Gustave Eiffel karyanya ada juga di Spanyol

    Balas
    • 16 Juli 2023 pada 9 h 12 min
      Permalink

      Terimakasih kembali. iya betul kak, salah satu karyanya ada di Spanyol. akan ada tulisan-tulisan berikutnya ditunggu ya.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *