Presiden Jokowi dan PM Marape Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Indonesia dan Papua Nugini dalam Pertemuan di APEC Haus

Pertemuan yang dinanti-nantikan antara Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), dan Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape, akhirnya berlangsung di APEC Haus pada hari Rabu (5/7). Pertemuan ini menjadi momentum bersejarah yang menghasilkan kesepakatan-kesepakatan penting dalam meningkatkan kerja sama bilateral kedua negara.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menegaskan komitmen Indonesia untuk memperkuat hubungan dengan negara-negara di kawasan Pasifik, termasuk Papua Nugini. Salah satu langkah konkret yang diambil adalah penyusunan peta jalan kerja sama pembangunan untuk lima tahun ke depan.

“Indonesia juga akan segera memulai renovasi Rumah Sakit Port Moresby, membangun Posko pemadam kebakaran, mengelola sampah di Vanimo, membangun sekolah di Wutung, dan meningkatkan beasiswa bagi pelajar Papua Nugini,” ujar Presiden Jokowi dalam konferensi pers usai pertemuan.

Selain itu, kedua pemimpin juga membahas peningkatan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Papua Nugini. Presiden Jokowi menyebut bahwa perdagangan antara kedua negara pada tahun 2022 meningkat tajam mencapai USD 307 juta.

“Ini perlu terus ditingkatkan dengan mendorong kelanjutan pembahasan PTA (preferential trade agreement), pembentukan Business Council, kunjungan misi dagang dan investasi, partisipasi BUMN Indonesia dalam pembangunan jalan raya di PNG,” ungkap Presiden.

​Pada aspek konektivitas dan perbatasan, Presiden Jokowi menyambut baik kebijakan-kebijakan baru dan pembukaan aktivitas di perbatasan antara kedua negara. Beberapa di antaranya adalah pembukaan rute pelayaran PNG Express, r​ute penerbangan Denpasar-Port Moresby, ratifikasi Basic Agreement on Border Arrangement, dan pembukaan kembali pos lintas Skouw-Wutung.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi dan PM Marape juga membahas kerja sama di kawasan Indo-Pasifik. Presiden Jokowi menekankan komitmen untuk meningkatkan keterlibatan Indonesia dan ASEAN dengan negara-negara Pasifik.

Pertemuan bersejarah antara Presiden Jokowi dan PM Marape ini menandai langkah konkret dalam memperkuat hubungan bilateral serta kerja sama di berbagai sektor antara Indonesia dan Papua Nugini. Harapannya, kesepakatan-kesepakatan ini akan memberikan dampak positif yang nyata bagi kedua negara dan masyarakat mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *