KJRI Frankfurt Gelar Pasar Rakyat Indonesia Pertama Kali di Jerman

KJRI Frankfurt bekerja sama dengan Merpati e.V. serta gabungan dari
organisasi masyarakat, organisasi keagamaan dan PPI menggelar Pasar Rakyat Indonesia 2023 di Bockenheimer Warte, Frankfurt am Main pada tanggal 1–2 Juli 2023.

Kegiatan ini ditujukan sebagai promosi Indonesia di Jerman dalam bentuk pasar rakyat yang pertama kali digelar di tempat terbuka di tengah kota Frankfurt sehingga khalayak luas berkesempatan untuk menikmati pagelaran seni budaya dan kuliner Indonesia secara langsung.

Prof. Dr. Arndt Graf dari Goethe-Universität berharap kegiatan ini dapat berlangsung secara rutin setiap tahun. Ketua Merpati e.V., Dr. Jofi Puspa sebagai perwakilan dari gabungan ormas menyampaikan selain promosi Indonesia di tengah masyarakat Jerman, kegiatan ini sekaligus mendukung sinergi organisasi masyarakat di wilayah kerja.

Kirab bendera merah putih sepanjang 40 meter menjadi pembuka Pasar Rakyat yang kali ini sekaligus sebagai acara perpisahan dengan Konjen RI Frankfurt dan Ibu Lilies Ekawaty Somantri yang akan mengakhiri tugas pada 31 Juli 2023.

Konjen RI Frankfurt, Acep Somantri dalam sambutan pembuka menyampaikan apresiasi terhadap seluruh organisasi
masyarakat di wilayah kerja yang telah mendukung seluruh program yang dicanangkan selama penugasan sehingga kegiatan berjalan dengan lancar dan melampaui target capaian.

Sekitar 2000 orang hadir menikmati pagelaran seni budaya selama 2 hari Pasar Rakyat Indonesia 2023 yang menyuguhkan tarian daerah dari Sabang sampai Merauke, penampilan angklung dan band yang membawakan lagu-lagu populer Indonesia maupun Barat.

Tidak ketinggalan pula demo memasak menu vegan yakni Gado-gado yang juga digemari oleh masyarakat di Jerman. Pasar Rakyat Indonesia 2023 turut dimeriahkan dengan bazar yang menyajikan aneka kuliner Nusantara maupun produk UMKM Indonesia.

Meskipun langit diselimuti awan mendung yang bertahan hingga sore hari, makanan khas Indonesia serta berbagai penganan dan minuman mencerahkan hari dan hati para pengunjung yang hadir. Ragam hidangan dan produk UMKM Indonesia menjadi daya tarik bagi masyarakat Jerman untuk mengenal khazanah kuliner dan budaya Indonesia. Pasar Rakyat Indonesia diharapkan dapat menjadi kegiatan reguler promosi Indonesia di tengah kota Frankfurt.

Satu tanggapan untuk “KJRI Frankfurt Gelar Pasar Rakyat Indonesia Pertama Kali di Jerman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *