Pagelaran Wastra dan Budaya Gemparkan Ibukota Mode Dunia pada Festival Nusantara

Setelah sepekan memamerkan koleksi Spring/Summer 2024 di L’Adresse Showroom dalam agenda resmi Paris Fashion Week, para seniman mode Indonesia menghidupkan karyanya di atas catwalk dalam rangka Fête de l’Archipel (Festival Nusantara) di hadapan ratusan pemerhati seni dunia di Paris.

Dok. KBRI Paris

Sedikitnya 10 perancang busana dan aksesoris Tanah Air naik panggung setelah karyanya ditampilkan. Ini dia line-up-nya : 3Mongkis, Adrie Basuki, Artkea, Aidan and Ice, Batik Gobang Jakarta, Hian Tjen, IKYK, ISI Denpasar : Natakerti Fashion Designer, Puta Dino Kayangan, Rita Rose.

Tidak hanya dari Jakarta dan Bali, wastra tenun Tidore dari Maluku Utara yang dibawakan oleh jenama Puta Dino Kayangan, menjadi sorotan khusus. Warna natural dan desain elegan menarik perhatian publik.

Dok. KBRI Paris

Duta Besar RI Paris, Bapak Mohamad Oemar, memberikan apresiasi khusus kepada seluruh desainer yang telah bekerja keras untuk menampilkan koleksi terbaiknya di atas panggung mode dunia. “Vous allez voir défiler sur ce tapis, un héritage que nos ancêtres nous a transmis, mélangé à la tendance d’aujourd’hui, sans pour autant perdre son esprit”, demikian disampaikan Dubes Oemar dengan kata-kata berima : “Anda akan saksikan di atas panggung ini, wastra peninggalan leluhur kami, yang diturunkan dari generasi ke generasi, bercampur dengan tren saat ini, tanpa kehilangan identitas dan jati diri.”

Melalui Festival Nusantara, Dubes Oemar ingin memperkenalkan Indonesia kepada publik Prancis. Acara ini diselenggarakan mulai tanggal 29 September 2023 hingga 5 Oktober 2023 dan terbagi dalam beberapa segmen.

Dok. KBRI Paris

Pagelaran wastra dan budaya ini telah diselenggarakan di Hotel InterContinental Paris – Le Grand pada tanggal 4 Oktober 2023 dan dihadiri ratusan penonton utamanya pemerhati mode dunia di Paris serta para influencer bidang fashion.

Dok. KBRI Paris

Pagelaran busana ini juga diselingi oleh penampilan dahsyat Tari Betawi Kembang Batavia yang membuat Paris berdendang seiring dengan irama orkes Gambang Kromong yang dipersembahkan oleh Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Penampilan budaya di Paris juga dilengkapi dengan Tari Bali Babarisan Sudamala, Deeng Nusantara dan Kebyar Duduk persembahan dari mahasiswa ISI Denpasar dan diiringi oleh Gamelan Bali Puspawarna dari Asosiasi Pantcha Indra yang berkedudukan di Paris dan digiatkan oleh warga Prancis pecinta Indonesia.

Festival Nusantara berlanjut dengan Resepsi Diplomatik Malam Budaya Indonesia, memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dan HUT ke-78 TNI dengan seluruh komunitas diplomatik di Prancis termasuk para Atase Pertahanan asing yang terakreditasi ke Prancis dan berkedudukan di Paris.

Dalam rangkaian Festival Nusantara ini, KBRI Paris bekerja sama dengan asosiasi pengusaha Prancis MEDEF Internasional telah menyelenggarakan forum bisnis Indonesia- Prancis yang dihadiri oleh Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, guna membuka peluang investasi Prancis dalam pembangunan di Indonesia. Dubes Oemar berharap bahwa acara ini akan terus meningkatkan visibilitas Indonesia di mata publik Prancis dan dunia agar dapat membawa kemajuan dan peningkatan kerja sama ekonomi dan pembangunan bagi Indonesia.

Acara yang disebut dengan Fête de l’Archipel di Paris ini ditutup dengan demo masak Kerak Telor di sekolah masak ternama dunia, Le Cordon Bleu Paris. Kerak telor dan bir pletok, sajian khas Betawi, dipresentasikan oleh Chef Marinka, juri Master Chef Indonesia pada tanggal 5 Oktober 2023.

Festival Nusantara adalah promosi terpadu Indonesia di bidang perdagangan, investasi, ekonomi kreatif termasuk fashion dan kuliner, promosi budaya dan pariwisata. Acara yang diadakan oleh KBRI Paris ini terselenggara berkat kerja sama dan dukungan berbagai instansi Kementerian di Pusat, Pemerintah Daerah DKI Jakarta dan Bank Indonesia, PT Pertamina Persero, PT Kilang Pertamina Internasional, PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP), Maurel and Prom, MS Glow, Institut Seni Indonesia Denpasar, Travelkif, InterAromat Belanda, Jakarta Coffee, Goloya Jewelry, Fukumi, dan Tanamera Coffee.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *