ASEAN Fun Walk 2023: Semangat Persatuan Masyarakat ASEAN di Vietnam

Hampir seribu orang yang berasal dari komunitas masyarakat ASEAN di Kota Ho Chi Minh telah mengikuti kegiatan “ASEAN Fun Walk 2023“, yang diadakan di pusat kota Ho Chi Minh (12/8). Acara ini diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal RI di HCMC bekerja sama dengan Pemerintah Kota HCM dan Konsulat Jenderal negara ASEAN lain untuk mempromosikan semangat persahabatan, kerja sama, dan perdamaian di antara negara-negara anggota ASEAN.

ASEAN Fun Walk 2023 diikuti oleh 1000 orang dari berbagai lapisan masyarakat baik dari pemerintah, akademisi, pengusaha, pemuda-pemudi serta kalangan diplomat berjalan santai di Nguyen Hue Pedestrian Street, pusat kegiatan masyarakat HCMC setiap akhir pekan. Acara ini dilaksanakan guna memperingati hari jadi ASEAN yang jatuh pada tanggal 8 Agustus serta perayaan 10 tahun hubungan kemitraan strategis antara Indonesia dan Vietnam.

Acara dibuka oleh Konsul Jenderal RI, Agustaviano Sofjan dan Chairman of HCMC People’s Committee, Bapak Phan Van Mai. Dalam sambutannya, beliau sangat mengapresiasi inisiasi KJRI HCMC untuk menyelenggarakan kegiatan ASEAN Fun Walk sehingga peserta dan masyarakat lokal dapat semakin mengenal dan merasakan semangat ASEAN.

ASEAN Fun Walk adalah kegiatan yang pertama kali dilakukan di HCMC atas inisiatif KJRI,” ujar Bapak Mai. “Tahun ini Indonesia sebagai Ketua ASEAN telah meluncurkan banyak inisiatif yang penting pada ketiga pilar ASEAN untuk memperkuat ASEAN.”  

Agustaviano menyampaikan bahwa kawasan Asia Tenggara merupakan kawasan yang dinamis dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi karena selalu mengedepankan dialog dan perdamaian. Kawasan Asia Tenggara mempunyai keragaman yang tinggi namun dengan hubungan yang kuat dan hubungan yang saling menguntungkan satu sama lain.

Kegiatan ini menjadi ajang penyatu warga ASEAN yang tinggal di HCMC dalam suasana penuh semangat dan kegembiraan. Peserta juga berkesempatan untuk menikmati budaya, penampilan serta makanan dari berbagai negara ASEAN dan merayakan keragaman yang ada dalam ASEAN.

Setelah mengakhiri jalan santai, semua mencicipi makanan yang disuguhkan dari masing-masing Konsulat Jenderal ASEAN di HCMC. KJRI menyediakan makanan khas Indonesia seperti bubur kacang hijau, lemper, dadar gulung dan risoles yang sangat digemari oleh peserta yang hadir.Selain itu, ada pula penampilan kesenian dan budaya diatas panggung juga menjadi menarik dengan berbagai variasi pakaian tradisional masing-masing negara ASEAN. Diantara pertunjukan yang juga sangat menjadi perhatian adalah pertunjukan bela diri pencak silat yang diperankan oleh pemuda-pemudi Vietnam dan Vovinam bela diri asal Vietnam.

Pada penghujung acara alunan dan gerak-gerik poco-poco yang dibawakan oleh diaspora Indonesia Ibu Thirana dan diikuti secara spontanitas oleh para hadirin lainnya sehingga menambah semaraknya acara ASEAN Fun Walk 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *