Wisata Alam, Penguat Iman

Catatan Anindita Tantri

Di bulan Oktober lalu MIIT (Masyarakat Islam Indonesia di Toronto) mengadakan kegiatan wisata alam di Erindale Park, Mississauga, Kanada. Wisata alam ini dihadiri kurang lebih 40 peserta dari beberapa keluarga. Program yang diberinama JJS (Jalan-jalan Sehat) diadakan oleh Departemen Sport and Recreation MIIT.

Rihlah (perjalanan) diharapkan bisa menjadi wadah untuk warga masyarakat Indonesia di Toronto dan sekitarnya untuk mengapresiasi alam yang ada di sekitar mereka. Musim gugur yang tiba menjadi peluang untuk bisa berkontemplasi akan keindahan alam yang telah diciptakan Allah Swt. Sekaligus bisa menjadi sarana untuk bersilaturahmi dengan saudara sebangsa dan seagama.

Musim gugur menawarkan keindahan dan keceriaan warna daun yang beragam; hijau, kuning, coklat, oranye, merah. Dengan suhu yang semakin dingin penggunaan baju hangat menjadi sebuah pilihan yang tepat.

Islam mengajarkan kita akan hidup yang seimbang; ibadah yang khusyu’, akal yang berilmu, hati yang bersih dan juga fisik yang kuat. Rihlah memberikan kita kesempatan untuk berelaksasi di alam, melatih tubuh menjadi lebih kuat dan juga menguatkan iman melalui keindahan ciptaan-Nya. Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh orang dewasa tetapi juga anak-anak. Semua ikut bersama menikmati keindahan alam di musim gugur.

Selain rihlah di antara warna – warni daun. MIIT juga mengadakan Youth Summer Camping di musim panas lalu. Dengan konsep yang sama yaitu mendekat dengan alam. Peserta camping membangun tenda dan menginap di salah satu resort yang ada di Halton Hills, Ontario, Kanada.

Selain para youth (pemuda) yang mendapatkan kesempatan untuk bertemu, bertukar pikiran dan membangun leadership di Camp ini. Para orang tua juga berkesempatan untuk berkumpul dan melakukan aktivitas di alam. Dari mulai games, sharing hingga masak bersama. Hal ini bisa membangun bonding atau ikatan hati di antara para jamaah.

Karena komunitas yang kuat adalah pondasi yang solid di kehidupan warga Muslim Indonesia di Kanada. Rasulullah SAW bersabda “Sungguh mukmin yang satu dengan mukmin yang lain seperti sebuah bangunan, Sebagian menguatkan Sebagian yang lain.” (HR. Bukhori no. 481).

Wisata alam tidak sekedar hanya bersenang-senang di alam tapi juga sebagai sarana menguatkan iman dan menyatukan ikatan silaturahmi dengan saudara-saudara seiman.

Satu tanggapan untuk “Wisata Alam, Penguat Iman

  • 31 Oktober 2023 pada 7 h 56 min
    Permalink

    MashaAllah banyak juga diaspora Indonesia Muslim di sana. Tetap istikomah ya. Senang bacanya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *