Fasilitasi 42 Delegasi Bisnis Filipina ke TEI ke-38, KBRI Manila Dorong Kerja Sama Perdagangan Yang Menguntungkan

Duta Besar RI Manila Agus Widjojo memimpin kunjungan delegasi bisnis Filipina ke Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38. Didampingi Koordinator Fungsi Ekonomi dan Atase Perdagangan KBRI Manila, Duta Besar RI dan 42 pengusaha Filipina telah mengikuti rangkaian kegiatan TEI ke-38 yang berlangsung di ICE BSD City, Indonesia (18-22/10).

Duta Besar Agus Widjojo mengatakan bahwa kunjungan delegasi bisnis Filipina ke TEI merupakan kesempatan yang baik untuk memperkuat hubungan ekonomi dan perdagangan antara kedua negara. “Kami berharap dalam kunjungan ini, delegasi Filipina dapat bertemu dengan mitra dagang yang tepat dan menghasilkan kesepakatan bisnis yang saling menguntungkan bagi Indonesia dan Filipina,” demikian disampaikan Dubes Widjojo.

Lebih lanjut, KBRI Manila juga telah memfasilitasi pertemuan bisnis Gubernur Misamis Oriental dan delegasi Oro Chamber dengan calon mitra bisnis dari Indonesia seperti Tanivest, Adaro, PLN NP, PT. PPI dan PT. Pupuk Indonesia. Pertemuan bisnis tersebut membahas berbagai peluang pengembangan kerja sama di bidang ekosistem, bahan bakar pembangkit listrik, jasa pelatihan, pembiayaan, pengadaan teknik dan konstruksi dan lain-lain.

Di sela-sela kegiatan TEI ke-38, Duta Besar RI bersama Wakil Menteri Perdagangan Bapak Jerry Sambuaga telah menyaksikan penandatangan Memorandum of Understanding (MOU) beberapa perusahaan Filipina dengan mitranya di Indonesia.

Data KBRI Manila menunjukkan bahwa selama kegiatan TEI ke-38 berlangsung, terdapat potensi transaksi perdagangan sebesar US$913 juta. Indonesia merupakan mitra dagang terbesar ke-5 Filipina pada 2022, dan Filipina menduduki peringkat ke-9 sebagai mitra dagang Indonesia. Filipina dapat dikatakan sebagai satu negara yang masyarakatnya yang paling setia kepada produk-produk Indonesia.

TEI ke-38 merupakan pameran perdagangan terbesar di Indonesia yang diikuti oleh pebisnis dari berbagai negara, termasuk Filipina. Acara ini berfungsi sebagai platform satu pintu untuk menghubungkan pasar global dengan produk-produk ekspor inovatif berkualitas tinggi dari Indonesia melalui kombinasi: Platform pameran Onsite (18 – 22 Oktober) dan Online (18 Oktober – 18 Desember) ke Pasar Global. Selain kegiatan pameran dan perdagangan, TEI 2023 juga menawarkan kesempatan bagi para pembeli untuk memperluas jaringan bisnis dan investasi di Indonesia melalui forum perdagangan, seminar internasional, business counseling dan business matching.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *