Pemilu 2024 di KJRI Marseille Berlangsung Kondusif dan Ramai Didatangi Pemilih Muda

Hujan deras yang mengguyur kota Marseille Sabtu pagi (10/02/2024) tidak menghalangi semangat para pemilih khususnya mereka yang baru pertama kali ikut pemilu untuk datang ke TPS di KJRI Marseille.

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) Marseille telah sukses memfasilitasi WNI yang bermukim di wilayah Prancis selatan dan Monaco untuk menyalurkan hak suara konstitusional yang berlangsung pada tanggal 10 Februari bertempat di KJRI Marseille.

Suasana Pemilu 2024 terlihat penuh kekeluargaan dan ramai didatangi oleh para pemilih muda yang merupakan pelajar Indonesia tengah menempuh pendidikan di Prancis.

Banyak pelajar Indonesia yang hadir, menyatakan ini adalah pemilu pertama bagi mereka, meskipun tinggal di luar kota Marseille, semangat mereka untuk meramaikan pesta dekomokrasi sangatlah penting.

Pelajar Indonesia di Prancis

Ketua PPI Montpellier, Rasya menyatakan, “Pemilu 2024 ini adalah pertama kali bagi saya ikut andil memilih Presiden dan wakilnya juga anggota DPR sebagai wakil rakyat nantinya. Karena itu saya mencari tahu khususnya mengenai para pasangan calon dengan melihat semua debat dan mengikuti sosial media mengenai setiap kandidat, saya lebih memilih berdasarkan apa yang saya lihat daripada terpengaruh oleh pilihan dari orang lain”

Ketua PPI Montpellier, Rasya

Bhagas pelajar Toulouse yang baru berusia 18 tahun sengaja datang ke TPS langsung walaupun harus menempuh jarak 400km. “Menurut saya sebagai anak muda kita wajib ya menggunakan hak pilih karena sangat berpengaruh untuk masa depan negara kita, jadi kalau nggak milih sama saja dengan tidak peduli mau dibawa kemana nasib bangsa Indonesia.”

Tania dan Arroni keduanya sebagai pemilih muda juga sepakat jika kesempatan yang diberikan untuk menentukan nasib bangsa haruslah digunakan. Bagi keduanya Pemilu 2024 merupakan yang pertama meskipun datang dari jauh namun bisa merasakan suasana pemilu secara langsung layaknya di Indonesia menjadi penting mereka.

Pemilu PPWP dan legislatif dengan metode Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berlangsung di KJRI Marseille dibuka pukul 09:00 – 19:00 waktu setempat. Selain metode TPS, PPLN Marseille juga melayani pemilih melalui pos.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2024 di bawah wilayah kerja KJRI Marseille sebanyak 659 orang. Jumlah pemilih ke TPS 75 orang dan sisanya melalui pos. Daftar pemilih tambahan ke TPS berjumlah 56 orang dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) sebanyak 6 orang.

Ketua PPLN Marseille Darmadi Azis

Darmadi Azis sebagai ketua PPLN Marseille melihat antusias Pemilu 2024 ini sangat baik. Darmadi Azis yang terpilih sebagai ketua untuk kedua kalinya ini merasakan antusias pemilih pemula dan muda begitu besar.

“Alhamdulillah Pemilu 2024 ini berjalan baik, aman dan lancar banyak pelajar Indonesia dari berbagai kota datang untuk memilih secara langsung, ini merupakan hal baik jika dibandingkan pemilu sebelumnya, pemilih muda begitu antusias untuk meramaikan pesta demokrasi Indonesia. Tak hanya pelajar WNI yang datang dari luar Marseille, bahkan dari Monaco juga hadir ke TPS untuk bisa ikut mencoblos secara langsung” Menurut Darmadi Azis kepada Surat Dunia.

PPLN Marseille

Perhitungan surat suara TPS dilakukan pada 14 Februari 2024 di KJRI Marseille dan 15 Februari 2024 untuk perhitungan surat suara pos.

Editor: Dini Kusmana Masabuau

Satu tanggapan untuk “Pemilu 2024 di KJRI Marseille Berlangsung Kondusif dan Ramai Didatangi Pemilih Muda

  • 28 Februari 2024 pada 18 h 27 min
    Permalink

    Begitu dong sebagai anak muda harus memilih demi masa depan kalian juga kan!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *