KBRI Maputo Turut Meriahkan Festival Budaya di Inhambane

Tim Tari dan Tim Musisi KBRI Maputo berpartisipasi dalam Festival Budaya yang berlangsung di kompleks “Conselho Municipal (Municipal Council), Inhambane, selasa 21 Mei 2024.

Acara, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Inhambane tersebut, dimaksudkan untuk memperingati Hari “Cultural Diversity” Dunia.

Di samping Festival Budaya, juga ada bazaar yang mengambil tempat di pinggiran jalan di depan Gedung “Conselho Municipal”, Inhambane. Sejumlah produk yang dijual dalam bazaar tersebut antara lain meliputi: makanan dan minuman, barang-barang kerajinan tangan, buku, lukisan dll.

Kegiatan Peringatan Hari “Cultural Diversity” Dunia tersebut diawali dengan peninjauan ke stan-stan bazaar oleh Secretary of State Inhambane, Mr. Amosse Julio Macamo, yang didampingi antara lain oleh sejumlah pejabat Pemerintah Inhambane dan Duta Besar RI untuk Mozambique merangkap Malawi, Herry Sudradjat.

Di samping sambutan pembukaan oleh Secretary of State Macamo, Duta Besar Herry Sudradjat juga berkesempatan memberikan sambutannya dalam bahasa Portugis. Dalam sambutan tersebut, Duta Besar Herry Sudradjat antara lain mengucapkan selamat kepada Gubernur Inhambane, Daniel Francisco Chapo, yang telah terpilih sebagai calon Presiden dari Partai Freelimo, seraya menyampaikan harapan bagi kesuksesan beliau dalam pemilihan Presiden bulan Oktober mendatang.

Festival Budaya, yang berlangsung dari siang hingga sore tersebut, menampilkan berbagai pertunjukan budaya mulai dari pembacaan puisi, paduan suara, drama, pertunjukan tari dan permainan musik.

Dalam Festival Budaya tersebut, KBRI Maputo, yang menjadi satu-satunya peserta dari Perwakilan negara asing, menampilkan 2 (dua) tarian yaitu: Tari “Giring-Giring” dari Kalimantan Tengah dan Tari “Ratoh Jaroe: (dikenal juga dengan Tari “Saman”) dari Aceh. Sedangkan Grup Band KBRI Maputo menampilkan permainan musiknya dengan membawakan 3 (tiga) buah lagu Indonesia yaitu: Lagu “Sajojo”, “Sungai Kapuas” dan “Los Dol”.

Penampilan Tim Tari dan Tim Musisi KBRI Maputo tersebut mendapat sambutan yang meriah dari ratusan orang yang menyaksikan Festival Budaya tersebut.

Dalam memanfaatkan momen Festival Budaya, KBRI Maputo sekaligus menyebarkan survei indeks citra dan survei pelaksanaan kegiatan budaya dengan memberikan suvenir kepada para pengunjung yang bersedia meluangkan waktunya untuk mengisi survei tersebut.

Selain untuk memenuhi harapan dari Gubernur Chapo (co-host dari Acara “Cross-cultural Dinner” tanggal 21 September 2023, yang saat ini menjadi kandidat Presiden Mozambique), partisipasi KBRI Maputo tersebut juga dimaksudkan untuk mempromosikan budaya Indonesia di negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *