Layang-layang Indonesia Menjadi Tamu Kehormatan di Fête du Vent Marseille

Selama dua hari dari tanggal 21-22 September 2024, Layang-layang khas Indonesia mengangkasa di langit Marseille. Di Pantai Prado, Paviliun Indonesia menampilkan layang-layang, batik serta kuliner Indonesia. Musium Layang-layang Indonesia dari Jakarta tampil mewakili Indonesia sebagai tamu kehormatan pada Fête du Vent edisi ke-38.

Defile para pelayang
Musium Layang-layang bersama Panitia dan KJRI Marseille

Ibu Endang Puspoyo beserta tim membawa berbagai layangan khas Indonesia di antaranya bertema pewayangan. Adapun yang menjadi perhatian utama yaitu layangan dari daun Kolope khas Sulawesi. Layangan ini menjadi bukti bahwa sejak ribuan tahun yang lalu, layang-layang telah menjadi bagian Sejarah Indonesia.

Pembukaan oleh Wakil Walikota dan Konjen RI

Dibuka oleh Wakil Walikota Marseille, Ahmed Heddadi dan Konjen RI, Ibu Dian Kusumaningsih, festival ini dihadiri ribuan masyarakat Marseille. Kesempatan ini telah dimanfaatkan dengan baik untuk memperkenalkan seni dan budaya Indonesia.

Tari Gambir Anom
Tari Gambyong Pangkur

Selain layang-layang, para penari dari Indonesia yaitu Radityo Puspoyo menampilkan tari Gambir Anom. Adapun Sri Hartati menampilkan keanggunan tari Gambyong Pangkur.

Layang-layang dari daun Kolope

Aktivitas lainnya yang turut dihadirkan di paviliun Indonesia yaitu demo dan atelier layang-layang dan membatik. Kegiatan ini sangat diminati oleh keluarga-keluarga yang datang.

Anak-anak dapat mewarnai dan membawa pulang hasil karya layang-layangnya. Di bagian lain para pengunjung dapat belajar tentang batik dan wastra Indonesia dipandu komunitas Batik en Provence. Di sini anak-anak juga dapat mencoba melukis di kain menggunakan colet.

Layang-layang Naga

Atraksi layang-layang khas Indonesia dibawakan dengan apik diiringi lagu khas Indonesia seperti Gundul Pacul dan Ondel-ondel. Sebagai pemungkas, layang-layang Naga sepanjang delapan puluh meter dinaikkan menghias langit Marseille.

Bravo tim Indonesia!

2 tanggapan untuk “Layang-layang Indonesia Menjadi Tamu Kehormatan di Fête du Vent Marseille

  • 27 September 2024 pada 12 h 21 min
    Permalink

    Ikut bangga layangan Indonesia jadi tamu kehormatan di LN

    Balas
  • 27 September 2024 pada 12 h 23 min
    Permalink

    Salut dengan Ibu Endang, keren banget layang-layangnya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *