Di Prancis bisa sekolah mengemudi dengan gratis!

Tahun 2014 ketika masa kerja suami berakhir, dan saya beserta anak wajib mengikuti suami kembali ke kampung halamannya, saya yang biasa berpergian secara mandiri tiba-tiba saja jadi kesulitan bergerak. Maklum saya ini tidak tinggal di kotanya, melainkan di kampung! Yang mana bis hanya ada tiga kali sehari! Repot deh pokoknya.

Suami membeli mobil ketika kami menetap di kampung ini, 30km dari Annonay. Tapi saya tak berhak mengendarai karena sim indonesia saya tidak berlaku di Prancis! Awalnya saya dan suami berpikir, istilahnya tinggal diterjemahkan bisalah SIM saya itu beralih menjadi sim prancis. Salah! Yang ada, saya disuruh sekolah ulang! Walah, antara kesal dan kecewa. tapi mau apa sudah seperti peraturan yang berlaku. Yang buat saya sedikit keki, adalah salah satu warga malaysia yang saya kenal, dengan tenangnya dia menjelaskan jika sim dia, hanya membutuhkan proses tak panjang untuk diberlakukan di Prancis! Semua itu karena, adanya perjanjian antara Malaysia dengan Prancis. Oh Indonesia….mengapa?

Tapi ya sudahlah, saya harus menerima toh? Jadilah saya mulai tanya ini itu ke beberapa sekolah mengemudi. Wow, harga sekolah mengemudi di kampung saya, mahal! Mungkin juga karena tak banyak, dan mereka tak terlalu mengenal SIM indonesia. Jadilah, saya wajib mengulang dari mulai kode lalu lintas hingga menyetirnya sebanyak dua puluh jam. Nasib!

Dan ini membuat saya mundur secara perlahan, untuk mendaftar sekolah menyetir. Akhirnya saya mulai konsentrasi belajar bahasa, padahal saya bisa sedikit berbahasa prancis tapi ini saya lakukan demi mengisi waktu dan tak ada salahnya memperbaiki bahasa prancis agar lebih lancar lagi, sembari mencari pekerjaan. Sayangnya bidang pekerjaan saya sebagai marketing, sulit sekali didapatkan di sini. Kalaupun ada lowongan, biasanya di kota Annonay, tapi ya itu, transportasi terbatas. Mau pakai mobilpun adalah hal yang mustahil, karena tak punya SIM, minta terus-terusan di antar suami juga tak bisa.

Karena selama setahun lebih situasi seperti ini berjalan denga  setia, membuat saya sedikit depresi. Akhirnya suami memaksa saya untuk mengambil sekolah menyetir, alasan utama, hidup di kampung ada baiknya bisa menyetir jadi bila saya ada janjian dengan teman, atau rendez-vous pekerjaan dan lainnya bisa dengan mudah berpergian. Tapi ya itu tadi, harga yang mahal sekitar 1500 euros dan sekolah lagi dari awal membuat saya sudah patah semangat duluan. Untung suami saya menyemangati terus istrinya, jadilah akhirnya niat untuk belajar kembali menyetir!

Untungnya saat saya mendatangi kembali salah satu sekolah mengemudi, salah satu monitor yang saya temui di salah satu sekolah mengemudi, menanyakan kepada saya, apakah saya terdaftar di Pole Emploi? Yang saya jawab, ya! Di situlah dia menerangkan kepada saya mengenai bantuan biaya untuk orang seperti saya, yang sedang mencari pekerjaan, dan ingin belajar mengemudi. Pulang dari sana, saya langsung mencari banyak informasi, benar saja, ternyata, terdapat beberapa bantuan untuk warga prancis, tidak hanya warga prancis saja ya, namun mereka yang tinggal di Prancis pun secara legal, dan dapat ijin tinggal untuk mendapatkan bantuan ini.

Bantuan itu diberikan karena, dianggap tidak adanya izin mengemudi bisa menjadi penghalang untuk mempekerjakan seorang calon karyawan. Fakta bahwa daerah mencari pekerjaan tidak atau kurang dilayani oleh angkutan umum atau karena  pekerjaan yang ditawarkan, mewajibkan di pencari pekerjaan memegang lisensi mengemudi. Lisensi bantuan mengemudi hanya dapat diberikan sekali.

Hanya sebelumnya ada beberapa yang harus dilihat. Misalnya, saya berhak mendapatkan bantuan ini karena saya tak menerima RSA ataupun bantuan sebagai pengangguran. Asli saya ini sebagai pencari kerja. Usia wajib mulai dari 18 tahun. Tentu saja, kita juga harus terdaftar di Pole Emploi, minimal sudah enam bulan. Bantuan ini diberikan dari Pole Emploi, dan di sana kita akan diberikan formulir untuk mengisinya, baru nanti kita yang akan mencari sekolah mengemudi, tapi tentunya harus ada kerjasama antara auto ecole atau sekolah mengemudi dengan Pole Emploi. Uang bantuan maksimal sebesar 1200 euros (buat saya ini sangat membantu).

Nah untuk lebih jelas, saya mengajak pembaca di Prancis untuk melihat di situs Pole Emploi, atau pencari kerja di Prancis. Saya sangat bersyukur, karena lolos bisa mendapatkan bantuan ini. SIM belum saya dapatkan, karena saya masih belajar menyetir. Tapi saya positif, bila nanti sudah mendapatkan ijin mengemudi, setidaknya jalan lebih terbuka untuk saya lebih mandiri, dan tentunya dalam mencari pekerjaan yang tidak terbatas hanya di desa saya, yang sulitnya bukan main!

Berikut ini link yang bisa teman-teman lihat: Semoga bisa bermanfaat!
http://www.pole-emploi.fr/candidat/aide-a-l-obtention-du-permis-b-@/article.jspz?id=61973

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *