Bukber Sudah Jadi Tradisi Indonesia Di Luar Negeri

Negara boleh berbeda, tapi tradisi buka bersama/ bukber sudah jadi tradisi yang sulit ditinggalkan. Saling berbagi, shalat bersama menjaga silaturahmi memperketat tali persaudaraan sesama muslim dan memperindah kebersamaan dengan agama lain.

Itu yang kerap jadi alasan mengapa bukber tetap eksis dan sulit ditinggalkan karena dianggap, membawa banyak manfaat dan sisi positifnya.

Di Montpellier, salah satu rumah warga sudah beberapa tahun ini menjadi tempat bukbernya para masyarakat indonesia di sana. Yang hadir tidak hanya kaum muslim saja, namun agama lainpun disambut dengan hangat. Karena acara buka puasa bersama ini, bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi  bagi pasangan kawin campur dan juga dengan agama yang berbeda. Selain itu, diadakannya acara ini, karena banyak pelajar indonesia yang berada di kota Montpellier yang memang terkenal sebagai kota pelajar, pastilahkarena mereka rindu dengan suasana berbuka puasa yang kekeluargaan.


                                                        Buka puasa bersama di rumah warga di Montpellier Perancis

Bukber juga  diadakan beberapa perwakilan indonesia di Luar Negeri. Seperti Perancis, acara buka bersama di adakan di KBRI Paris dan KJRI Marseille. Seminggu sekali jadwal hari bukber telah ditetapkan dan acara ini terbuka untuk semua.

Begitu juga dengan di KBRI London yang menawarkan kepada para masyarakatnya untuk datang menikmati indahnya iftar bersama. Bahkan di KBRI London pengajian menjadi tambahan di setiap buka bersama.

Di Thailand acara buka puasa bersama selalu ramai. Tentu saja bisa dibayangkan jumlah orang indonesia di sana sangat banyak. Acara ramadan di Bangkok ini malah didahului sebelumnya pada tanggal 16 mei dengan shalat tarawih berjamaah. Pada tanggal 19 Mei nya, Bapak Duta Besar RI dan keluarga menggelar acara Buka Puasa Bersama dan Sholat Tarawih di Wisma Duta Besar KBRI Bangkok bertindak sebagai Imam Prof. Mustari (Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok).

Suasana bahagia dan sekaligus khidmat mewarnai acara hari itu, yang dihadiri oleh lebih kurang 500 masyarakat Indonesia. Seusai Sholat Tarawih, para jamah mendengarkan tauziah dari Ustadz Doni Putra, yang merupakan Da’i dari Dompet Dhuafa yang akan membimbing ibadah selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1439H.


                                             Suasana bukber di KBRI Bangkok Thailand

Nah lain lagi halnya dengan di Istanbul. Kjri Istanbul, selain mengadakan acara bukber, juga diadakan jualan takjil loh! Jadi bisa untuk bekal berbuka lain harinya. Asik kan.


                                                            Jualan takjil dalam acara bukber di KJRI Istanbul

Tapi ada satu yang tidak disangka, bukber juga diadakan di negara Rusia! Di Moskow tepatnya. Puluhan warga negara Indonesia mengikuti buka puasa bersama yang digelar Himpunan Persahabatan Islam Indonesia (HPII) Moskow di Musala Kedutaan Besar RI Moskow, Rusia, Sabtu (26/5).


                                                       Buka puasa bersama di Moskow

Beraneka sajian berbuka puasa atau takjil khas tanah air seperti kolak biji salak, es buah, gorengan, bolu gulung, dan lain sebagainya tertata di salah satu meja prasmanan. Sedangkan satu meja lainya tersaji bakso, nasi abon, tumis sayur, bihun, ayam goreng, dan masih banyak masakan Indonesia lainya.

Menurut Ketua HPII Moskow Fauzi Bustami, selain untuk mempererat tali silaturahmi, acara ini juga mengobati kerinduan akan masakan khas Indonesia.

“Pertama kita bersyukur masih dapat menyelesaikan puasa hari ini. Ini merupakan kesempatan yang baik untuk mempererat tali silaturahmi antara sesama WNI dan mengobati kerinduan terhadap makanan Indonesia. Terutama bagi para mahasiswa,” ujar Fauzi.

Dan masih banyak lagi di benua lainnya yang melakukan tradisi bukber ini. Alasan utama selalu untuk menjalin tali silaturahmi dan persaudaraan. Memang islam adalah agama yang damai….ikatan persaudaraan sesama manusia selalu menjadi alasan utama mengapa tradisi buka puasa bersama ini tetap eksis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *