Naufal, Putra Indonesia Memberikan Workshop Wayang Kulit Di Ottawa Kanada!

KBRI Ottawa menyelenggarakan promosi Indonesia melalui kegiatan rutin Indonesian Embassy Day di awal bulan mei ini, dengan mengundang masyarakat umum di Ottawa dan kalangan diplomatik. Indonesian Embassy Day kali ini merupakan edisi kedua di tahun 2018, bertempat di KBRI Ottawa dengan menghadirkan narasumber warga Indonesia penggiat wayang kulit asal Montreal, yaitu Naufal K. Wiwasan dalam format presentasi dan workshop pembuatan wayang kulit.

Kegiatan dibuka dengan penampilan gamelan Jawa yang dibawakan oleh staf KBRI Ottawa. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi dari Naufal yang menceritakan sejarah singkat wayang kulit di Jawa dan perkembangan tokoh-tokoh wayang kulit yang sangat berkaitan erat dengan konteks perkembangan zaman. Tak hanya itu, Naufal juga berbagi pengalaman dirinya belajar membuat wayang kulit, yang menurutnya tidak mudah. Dibutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk mengukir kulit kerbau sampai menjadi bentuk wayang kulit yang penuh dengan detil baik dari ukiran maupun warnanya.

Butuh waktu hingga 2 minggu bagi seorang profesional untuk menghasilkan wayang kulit yang indah,” ungkapnya.

Setelah itu, Naufal menunjukkan kebolehannya di hadapan peserta bagaiaman cara melakukan “tatah” yaitu teknik pemahatan wayang kulit. Peserta juga diberikan kesempatan untuk melihat dan mencoba memahat wayang kulit dalam format workshop.

Kegiatan ditutup dengan pembagian suvenir bagi pemenang kuis dan suguhan makanan khas Indonesia, yaitu kue Putu Ayu dan rebusan kacang, pisang, dan ubi.

Naufal memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap wayang kulit sejak dirinya masih kanak-kanak. Ia pertama kali diperkenalkan dengan wayang kulit oleh ayahnya yang mengajaknya menonton pertujukkan wayang kulit di Klaten, Jawa Tengah. Namun minatnya untuk belajar membuat wayang kulit muncul justru saat ia melihat cara membuat wayang kulit ketika berkunjung ke tempat pengrajin wayang kulit. Ia pun langsung mengambil kursus membuat wayang kulit dan mulai giat berkreasi menghasilkan berbagai karya wayang kul

Indonesian Embassy Day telah diselenggarakan secara rutin oleh KBRI Ottawa sejak tahun 2015 sebagai upaya berkelanjutan untuk mempromosikan Indonesia, khususnya budaya, pariwisata, dan perdagangan, kepada publik Kanada. Penyelenggaraan kegiatan kali ini merupakan upaya KBRI Ottawa untuk memperkenalkan wayang kulit sebagai karya seni yang dapat dinikmati oleh publik Kanada.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *