Kehangatan Berlebaran Di KJRI Marseille

Setiap tahunnya, untuk acara-acara keagamaan kantor perwakilan Indonesia di Luar Negeri, mengadakan acara guna menjalin silaturahmi dan wadah pertemuan antara sesama warga indonesia. Untuk Hari Raya Idul Fitri, KJRI mengadakan shalat Ied bersama. Usai shalat, di sinilah keharuan sangat terasa, ketika acara salam untuk saling memaafkan. Saat itu, teringat akan orang tua yang jauh, kerabat dekat dan suasana indah di kampung halaman yang selalu terasa spesial di hari lebaran.

Puncak dari acara adalah halal bihalal. KJRI Marseille di bawah pimpinan Konjen Asianto Sinambela, usai acara shalat Ied, menyambut warga indonesia di Wisma KJRI untuk halal bihalal dan menyampaikan beberapa pesan mengenai Indonesia.

Untuk mengobati rasa rindu, tentu saja hidangan khas lebaranpun di sajikan. Ketupat, opor ayam, gulai, sambal goreng kentang dan masih banyak lagi jenis makanan lainnya yang biasa disajikan saat berlebaran.

Beberapa warga yang datang dari kota-kota di luar Marseille, menempuh jarak ratusan kilometer sengaja mendatangi KJRI Marseille, karena merasa masih pentingnya berlebaran ala indonesia. Alasan lainnya adalah, karena dengan berkumpul sesama WNI, kerinduan akan suasana berlebaran di Tanah Air bisa sedikit terobati.

Memang suasana akrab sangat terasa di sini. Bagi para pendatang baru, ini adalah kesempatan untuk saling berkenalan dan menjalin tali silaturahmi. Yang sudah saling kenalpun, rasanya di acara seperti inilah, saat dimana sesama perantauan bisa menjadi lebih akrab, bertukar cerita suka duka hidup di Luar Negeri.

Saat acara foto bersama adalah saat yang paling disukai, karena di sini terasa, bagaikan kita ini adalah saudara yang diikatkan oleh pertalian serumpun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *