95% Surat Suara Terpakai dalam Pemilu di Budapest

Warga negara Indonesia (WNI) di Budapest, Hungaria, melaksanakan Pemilihan Umum 2019 dengan lancar, tertib, dan damai.

Pemilu yang diselenggarakan pada 13 April 2019 mulai pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat itu sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di sana.

Berdasarkan catatan terakhir di PPLN Budapest, dari jumlah surat suara DPT+2 persen sebanyak 181, tercatat sebanyak 178 terpakai, berarti 178 pemilih hadir di TPS untuk memilih.

Sementara dari metode pos, sebanyak 155 surat suara yang dikirim hingga hari ini, Minggu 14 April 2019, sebanyak 136 sudah kembali ke PPLN Budapest.

Ketua PPLN Budapest Muhammad Faisal Fadhil bersama anggotanya Ratih Dewi menyampaikan bahwa salah satu indikator dari suksesnya pemilu adalah tingginya tingkat partisipasi pemilih turn out.

Sementara target partisipasi pemilih yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebesar 77,5 persen. Kemudian dapat dilihat di Hungaria partisipasi masyarakat Indonesia dalam pesta demokrasi ini sangat tinggi, bahkan mendekati 95 persen.

Dubes RI untuk Hungaria yang baru saja menyerahkan Credential-nya pada 8 April, YM AH Dimas Wahab, beserta keluarga ikut memilih di TPS 001 sekira pukul 10.00 CET. Masyarakat sendiri sudah mulai memilih sejak pukul 08.00 CET.

Banyak kegiatan unik di TPS 001 Budapest. Seluruh petugas PPLN dan KPPSLN mengenakan pakaian nasional untuk menyelami makna Bhinneka Tunggal Ika, walaupun berbeda tetap satu jua.

Para pemilih juga dihibur Paduan Suara Libels (SMA Lima Belas Surabaya) yang kebetulan sedang berkompetisi di Budapest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *