Layang-Layang Bali dan Jawa jadi pusat perhatian di International Kite Festival 2020 India

layang-layang Indonesia dengan desain yang atraktif mewarnai langit Ahmadabad ibukota Gujarat

Gujarat: Ratusan layang-layang mengudara menghiasi langit negara bagian Gujarat, India pada International Kite Festival (IKF) 2020.

Pada penyelenggaraan IKF tahun ini, layang-layang Indonesia dengan desain yang atraktif kembali pamer keindahan dan terbang mewarnai langit Ahmadabad ibukota Gujarat yang bercerah.

Indonesia yang diwakili oleh peserta asal Bali, Ida Bagus Ugrasena Narendra dan Anang Sarjiyanto dan kawan-kawan dari Yogyakarta turut meramaikan International Kite Festival (IKF) 2020 yang diadakan oleh Tourism Corporation of Gujarat Limited, Pemerintah Negara Bagian Gujarat yang berlangsung dari 7 s/d 14 Januari 2020.

“Festival layang-layang ini merupakan cara yang cukup kreatif yang diselenggarakan India setiap tahunnya dalam rangka menjaring pasar wisatawan”, ungkap Wakil Kepala Perwakilan KBRI New Delhi, Fientje M. Suebu, usai menghadiri pembukaan IKF 2020 pada 7 Januari 2020 di Sabarmati Riverfront, Ahmedabad.

“Festival ini turut memberikan multiplier effect bagi negara bagian Gujarat dengan terisinya hotel-hotel oleh para peserta dan pengunjung dan demikian juga halnya dengan restoran, objek wisata dan pusat perbelanjaan juga tak lepas dari imbas festival ini” imbuh Fientje.

IKF tidak hanya menarik perhatian wisatawan lokal namun juga menarik para wisman dari berbagai negara. Dari sekian banyak layang-layang yang diterbangkan, dengan beragam bahan dasar yang terbuat dari kertas, parasut, plastik ringan, penggunaan benang kenur hingga gulungan otomatis, cukup mencerminkan keunikan, tingkatan keterampilan serta teknik yang diterapkan dalam membuat layang-layang oleh masing-masing peserta dari berbagai negara bagian di India dan juga negara peserta asing lainnya.

Membuka secara resmi International Kite Festival, Gubernur Gujarat, Shri Devvrat Acharya menyampaikan bahwa seni permainan layang-layang yang merupakan tradisi budaya masyarakat India juga digemari oleh masyarakat dunia. Selain Chief Minister Gujarat yang menjadi Chief Guest pada acara pembukaan IKF, hadir pula beberapa Duta Besar dan perwakilan negara asing lainnya, antara lain Argentina, Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Vietnam, Laos, Trinidad and Tobago, Zambia, Korea Selatan dan Togo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *