Dialog Duta Besar RI Brunei dengan PPI seputar Covid-19

belasan mahasiswa Indonesia di Brunei dengan antusias menyimak penjelasan Duta Besar Republik Indonesia untuk Brunei Darussalam, Dr. Sujatmiko, terkait COVID-19 melalui aplikasi Zoom.

Acara video conference tersebut merupakan kegiatan Gelar Wicara Dubes RI dengan para pelajar Indonesia di Brunei Darussalam, hasil kerja sama KBRI Bandar Seri Begawan bersama Persatuan Pelajar Indonesia di Brunei Darussalam (PPI BD).

Acara yang bertema perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) terhadap COVID-19 di Brunei Darussalam tersebut dibuka oleh ketua PPI BD, Muhammad Latif Mukti dan dimoderatori oleh Sekretaris PPI Brunei Darussalam, Sintia Aulia Rahimah. Dubes Sujatmiko menyampaikan dan memberi arahan kepada para pelajar tersebut untuk terus menerapkan hidup bersih dan sehat serta terus mematuhi petunjuk dan imbauan yang diberikan oleh Pemerintah Brunei Darussalam maupun yang diberikan oleh KBRI terkait COVID-19.

Dubes Sujatmiko juga menjelaskan berbagai upaya yang dilakukan KBRI seperti penyampaian informasi dan imbauan melalui media sosial kepada komunitas-komunitas Indonesia yang berada di Brunei Darussalam, pembagian masker dan sabun cuci tangan serta bantuan kekonsuleran bagi lebih dari 120 WNI yang masa visanya habis di Brunei.

Bagi para pelajar yang tinggal di Brunei, Dubes Sujatmiko berpesan agar para pelajar dapat mengisi waktu tersebut dengan kegiatan yang bermanfaat seperti membaca buku dan melakukan riset.“Saya juga berharap adik-adik semua dapat membantu KBRI memantau WNI di Brunei Darussalam. Jika ada yang menghadapi masalah atau memerlukan bantuan segera infokan ke kami agar dapat kami tangani.” Ucap Dubes Sujatmiko.

Gelar Wicara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara para pelajar dan Duta Besar Dr. Sujatmiko. Beberapa dari pelajar tersebut mengajukan pertanyaan mengenai dampak ekonomi akibat COVID-19 khususnya dalam hubungan bilateral antara Indonesia dan Brunei Darussalam dan pelayaran kargo langsung Indonesia-Brunei.

Di akhir acara, Duta Besar Dr. Sujatmiko kembali menekankan agar para pelajar tetap berada di rumah saja dan mengoptimalkan waktu untuk kegiatan yang bermanfaat.PPI BD adalah organisasi para mahasiswa S1-S2 Indonesia yang belajar di universitas dan institut pendidikan tinggi Brunei Darussalam. Saat ini, terdapat sekitar 48 mahasiswa Indonesia di Brunei Darussalam yang mengambil berbagai jurusan Islami dan sains di Universiti Islam Sultan Sharif Ali dan Universiti Brunei Darussalam.

Sumber KBRI Bandar Seri Begawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *