Webinar Internasional PCINU se-Afrika, Peran Ulama dalam Menghadapi Pandemi

Webinar tersebut diikuti sekitar 97 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa NU di Tunisia, Maroko, Sudan dan Mesir selama 4 hari kegiatan. Kerja sama dari KBRI Tunis dan PCINU Tunisia.

Dubes RI Tunis menyampaikan pentingnya peran ulama untuk memberikan informasi yang tepat dalam mengatasi pandemik COVID-19. Selain itu dipandang penting juga bagi kalangan NU untuk mengambil ilmu pengetahuan tanpa menghilangkan identitas sebagai Muslim sehingga dapat melahirkan pemikiran-pemikiran baru sebagai solusi yang dapat memberikan manfaat bagi warga Indonesia dan dunia dalam mengatasi pandemi COVID-19.

Sambutan Dubes RI Tunis tersebut disampaikan pada acara pembukaan Webinar Internasional PCINU se-Afrika hari ke-3 dengan subtema Peran Ulama dalam Menghadapi Pandemi pada tanggal 6 Juni 2020. Webinar Internasional PCINU se-Afrika ini berlangsung selama 4 (empat hari mulai tanggal 4 – 7 Juni 2020. Sejumlah pembicara yang hadir pada acara tersebut adalah Dr. TGB Zainul Majdi MA (Mantan Gubernur NTB dan Ketua Alumni Al-Azhar Indonesia); KH. Abdul Syakur Yasin, MA (Pengasuh Ponpes Cadangpinggan); Prof. Nadirsyah Hosen (Rais Syuriyah PCINU Australia); dan KH. Ahmad Sudrajat, Lc. MA. (Ketua PP NU Care-LAZISNU).

Webinar tersebut diikuti sekitar 97 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa NU di Tunisia, Maroko, Sudan dan Mesir selama 4 hari kegiatan. Sejumlah pokok materi dari Webinar tersebut diantaranya bahwa Agama tidak dapat dipahami hanya secara dogmatik tapi harus dilengkapi dengan nalar ilmu pengetahuan; mengoptimalkan usaha dengan doa dan patuh pada protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah; dan mendorong ulama mengeluarkan ijtihad kolektif cara beribadah di masa pandemi dengan merujuk kaidah fikih islam yaitu: utamakan kemaslahatan publik, kebijakan pimpinan berdasar kemaslahatan rakyat; dan memilih kemudharatan yang lebih ringan. Sementara mengenai zakat disampaikanupaya NuCare LazisNU yang telah menyalurkan bantuan melalui program Posko NU Peduli Covid-19 untuk masyarakat luas sebagai bentuk kontribusi dan peran penting NU dalam kerja sosial untuk Indonesia.

Kegiatan Webinar Internasional PCINU se-Afrika juga disandingkan dengan kegiatan Webinar Kepenulisan untuk mahasiswa Indonesia di Tunisia. Webinar Kepenulisan menghadirkan pembicara Annas Rolli Muchlisin (Duta Santri Nasional 2017), Wildan Hefni (Penerima Penghargaan Penulis Muda Terproduktif dari Kemenag RI 2012), dan KH. Aguk Irawan (Sastrawan, Penulis “Haji Back Packer”) dengan titik berat pada meningkatkan motivasi dan keterampilan dalam menulis artikel dan karya sastra di berbagai media penulisan.

Pada sambutan penutupan Webinar Kepenulisan tersebut, Dubes RI Tunis menyampaikan bahwa menulis itu mengasyikkan dan mendorong mahasiswa untuk dapat menulis artikel di surat kabar untuk menambah khazanah pembaca. Ditekankan untuk dapat menulis, diperlukan membaca buku yang banyak sebagai referensi dan menambah wawasan. Ditambahkan pada era digital ini, karya tulis tidak akan cepat hilang khususnya dengan adanya media online dan semoga pelatihan ini dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa Indonesia di Tunisia untuk mulai menggemari menulis.

Kedua Webinar tersebut diselenggarakan oleh KBRI Tunis dan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlathul Ulama (PCINU) Tunisia yang berlangsung pada 4 – 7 Juni 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *