Hidupkan Cinta Budaya Indonesia, KBRI Paris Rayakan HUT RI dengan Lomba Cipta Pantun

Paris, 17 Agustus 2020. Perayaan HUT RI di Paris tahun ini sangat istimewa dikarenakan masih dalam kondisi pandemi COVID19, pemerintah Prancis masih membatasi jumlah orang berkumpul. Oleh karena itu, KBRI Paris menyelenggarakan upacara dan pesta rakyat secara virtual yang dihadiri seluruh WNI di Prancis. Upacara dimulai pukul 09.45 CEST melalui zoom, setelah itu dilanjutkan pesta rakyat virtual yang berisi pengumuman pemenang lomba video kreatif, cipta pantun, dan dessert merah putih, hiburan dari kita untuk kita serta kuis berhadiah.

Pantun adalah salah satu jenis puisi lama yang merupakan bagian dari budaya Indonesia, yang tiap baitnya terdiri atas empat baris serta memiliki sampiran dan isi. Atdikbud KBRI Paris dalam rangka memperingati HUT RI, tahun ini mengadakan lomba pantun untuk seluruh pelajar Indonesia di Prancis. Lomba pantun ini diselenggarakan untuk melestarikan budaya Indonesia sekaligus menggali potensi penyair pantun di kalangan pelajar.

Lomba pantun ini disambut meriah oleh para pelajar Indonesia di Prancis yang dikenal dengan PPI Prancis. Hal ini ditunjukkan dengan antusiasme mereka mengirimkan karyanya sejak hari pertama lomba ini diumumkan pada 9 Agustus 2020. Seluruh peserta telah mengumpulkan hasil karya pantunnya yang terdiri dari 2 bait melalui email pada 13 Agustus lalu dan telah melalui penjurian selama 3 hari. Telah terpilih sebanyak 36 pantun yang difinalkan dan dinilai oleh dewan juri.

Prof. Warsito, Atdikbud KBRI Paris menyampaikan bahwa lomba pantun untuk pelajar Indonesia di Prancis ini mengambil tema Indonesia Maju, selaras dengan tema peringatan 17 Agustus 2020 secara nasional. “Jadi semua pantun yang dibuat harus berisi topik Indonesia Maju, misalnya demikian -Jalan-jalan ke Sulawesi Barat, Jangan lupa singgah di Kota, Mamuju; Hai teman-teman PPI yang hebat, Mari prestasi ciptakan Indonesia Maju” tambah Prof. Warsito.

Dubes KBRI Paris, H.E Arrmanatha Nasir dalam sambutan saat acara pesta rakyat menyampaikan bahwa pada tahun ini kita semua seluruh WNI di Prancis belum bisa bertemu secara langsung karena pandemic Covid. “Oleh karena itu kita menyelenggarakan upacara dengan sederhana dan pesta rakyat secara virtual ini” tambah Dubes Nasir.

Pemenang lomba cipta pantun diumumkan bersamaan pada acara pesta rakyat virtual hari ini yang terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok utama sebanyak 3 peserta dan kelompok baik sebanyak 3 peserta. Pemenang kelompok utama masing-masing mendapatkan voucher belanja dan sertifikat. Adapun pemenang kelompok utama adalah Syamsi Firdaus, Maruli Tua Sakti Pardede, dan Lamuela Bella Augesta. Sedangkan pemenang kelompok baik adalah Tohir Mustofa, Icu Marwati, dan Deni Endriani. Selain itu, Hasil karya pantun para pemenang nantinya akan ditampilkan di media sosial KBRI Paris secara berseri. Selamat kepada para pemenang! Salam Indonesia Maju!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *