Sambut Hari Sumpah Pemuda, KJRI Frankfurt Gelar Acara Seni Budaya Secara Daring

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini berbeda dari biasanya karena dilakukan di tengah Pandemi Covid-19. Namun situasi saat ini tidak menjadi halangan bagi KJRI Frankfurt untuk tetap merayakan Hari Sumpah Pemuda yang ke-92 yaitu melalui pagelaran seni dan budaya yang dilakukan secara daring.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Konsul Jenderal RI Frankfurt, Acep Somantri. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya kepada masyarakat Indonesia di wilayah kerja KJRI Frankfurt yang telah memeriahkan bulan kepemudaan ini dengan berbagai kegiatan kepemudaan seperti seminar Career Days yang diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia di Franken dan Diskusi Makna Sumpah Pemuda Dulu, Kini dan Masa Mendatang yang diselenggarakan oleh Persatuan Masyarakat Indonesia Frankfurt, Senioren Lansia Indonesia dan Persatuan Pelajar Indonesia di Frankfurt dan sekitarnya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa pada hari ini, KJRI Frankfurt bersama dengan Grup Tari Pesona Indonesia and Friends, Wijaya Kusuma dan Srikandi, menyelenggarakan pagelaran seni dan budaya Indonesia secara daring untuk mengingatkan kepada kita semua betapa kayanya budaya kita, bahwa meskipun kita berasal dari beragam suku, kita tetap satu bangsa Indonesia.

Pada bulan kepemudaan ini, KJRI Frankfurt juga menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda. Pada 18 Oktober 2020, KJRI Frankfurt telah memulai Kursus Kebangsaan bagi anak-anak Indonesia yang tinggal di Jerman. Kursus ini bertujuan mengenalkan sejarah, keragaman suku bangsa, bahasa dan budaya yang berkembang di Indonesia. Kursus ini akan berlangsung selama kurang lebih 9 kali di setiap hari Minggu pagi hingga pertengahan bulan Desember 2020. Selanjutnya pada 30 Oktober 2020 nanti, KJRI Frankfurt akan memulai kursus bahasa Indonesia bagi orang Jerman yang dikemas dalam bentuk Workshop untuk mengenalkan bahasa dan kekayaan budaya Indonesia.

Di sela-sela pagelaran seni dan budaya, Konsul Jenderal RI Frankfurt memberikan sertifikat penghargaan kepada Ms. Samantha Grace Sernatinger dari University of Applied Science Konstanz, mahasiswa terbaik Kelas Bahasa Indonesia. Universitas di Konstanz ini merupakan salah satu universitas di Jerman yang mewajibkan mahasiswanya mengikuti mata kuliah Bahasa Indonesia.

Wilayah Kerja KJRI Frankfurt mencakup enam negara bagian yang terletak di sebelah selatan Jerman yaitu Hessen, Baden W├╝rttemberg, North Rhine Westphalia, Bavaria, Rhineland Palatinate dan Saarland. Jumah WNI di wilayah kerja KJRI Frankfurt tercatat 14.200 orang. Ini merupakan jumlah terbesar di wilayah Eropa setelah Belanda dan Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *