Tiga Jemaah Umrah Positif Covid-19, Uji Swab Kedua jadi Penentu

“Saat ini tiga jemaah umrah yang dinyatakan positif Covid tersebut dikarantina di kamar hotel mereka di Makkah selama 7 hari,” ujar Eko Hartono, Konsul Jenderal RI Jeddah.

Tiga jemaah umrah asal Indonesia dinyatakan positif Covid-19 di Arab Saudi. Meski begitu, jika hasil uji swab kedua negatif, ketiganya bisa melaksanakan ibadah umrah. Demikian keterangan Konsul Jendral Republik Indonesia di Jeddah Eko Hartono pada Kamis (5/11/2020) malam. Menurut Eko, sejauh ini mereka baru sekali menjalani tes swab sejak berada di Arab Saudi.

Eko menambahkah jika uji swab kedua menunjukkan hasil negatif maka ketiga jemaah ini boleh melanjutkan ibadah umrah.”Nanti akan di-swab lagi setelah karantina, kalau negatif berarti boleh umrah. Kalau positif ya karantina lagi,” papar Eko.

Di sisi lain Eko menyebutkan bahwa terhadap jemaah umrah asal Indonesia lainnya telah dilakukan pemeriksaan kesehatan.  

“Untuk yang lain sudah di tes lagi, mereka negatif,” ujar Eko.

Disebutkan bahwa pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi rapid tes kepada semua jemaah.

Selanjutnya, dari hasil tes cepat, terhadap mereka yang reaktif dilakukan uji swab hingga diketahui ada tiga jemaah yang positif.

Terkait jumlah jemaah umrah asal Indonesia, Eko menyebutkan bahwa pada flight (penerbangan) pertama tercatat sebanyak 224 orang. Mereka tiba pada 1 November 2020. Selanjutnya, jemaah yang tiba dengan flight kedua berjumlah 89 orang, tiba pada 3 November 2020. Sedangkan 3 jemaah yang dinyatakan positif Covid-19 berasal dari rombongan yang tiba dalam flight pertama.

Ditambahkan Eko saat ini jemaah dari flight pertama yang dinyatakan negatif Covid-19 sudah mulai menjalankan ibadah umrah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *