Waspada Penipuan Pembuatan Perpanjangan Paspor RI satu tahun

KJRI Jeddah menghimbau para WNI agar mewaspadai adanya oknum-oknum yang mengakui dapat mengurus paspor secara cepat dengan sejumlah biaya.

Penipuan ini telah dialami oleh salah satu WNI yang tertipu dengan pembuatan keterangan perpanjangan paspor RI satu tahun palsu ini, sehingga yang bersangkutan ditolak untuk terbang pulang ke tanah air oleh petugas imigrasi Arab Saudi di Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah (Senin, 8 Maret 2021).

Pembuatan perpanjangan paspor RI satu tahun merupakan kebijakan KJRI Jeddah di masa Pandemi Covid_19 dengan tidak mengganti buku paspor tetapi hanya dengan menambahkan pengesahan pada salahsatu halaman lembar paspor asli oleh pejabat Imigrasi Indonesia yang berwenang di Jeddah yaitu Staf Teknis Imigrasi KJRI Jeddah.

Dalam pengesahan tersebut terdapat barkode scanner online yang dapat diidentifikasi oleh petugas imigrasi Arab Saudi di bandara pada saat pengecekan kelengkapan dokumen kepulangan.

Untuk mendapatkan perpanjangan paspor RI yang asli, sobat WNI dipersilahkan untuk datang langsung ke KJRI Jeddah tanpa perlu mendaftar janji temu, hanya cukup membawa paspor asli saja.

Pembuatan keterangan perpanjangan paspor satu tahun tidak dipungut biaya dan gratis!

KJRI Jeddah meminta kepada warga Indonesia jika menemukan atau mengalami kasus serupa, untuk menghubungi call center KJRI Jeddah di nomor +966 50 360 9667

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *