Tips Fotografi Makanan Kunci Sukses Promosi Kuliner

Tips Fotografi makanan berlangsung secara webinar yang diadakan oleh KJRI Marseille dengan nara sumber, Made L Kartika Kusumasari, penggiat fotografi makanan. Webinar ini diselenggrakan dalam rangka Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan dan juga memperingati Hari Ibu.

Food Photography dengan smartphone, adalah tema yang dibawakan oleh fotografer Made. Dalam webinar yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara khususnya para anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan juga masyarakat Indonesia di Prancis, Made menggaris bawahi mengenai pentingnya dari fotografi makanan.

Menurut Made, food fotography adalah sebuah seni fotografi yang bertujuan untuk menghasilkan segala macam bentuk dari makanan yang diseting sedemikian rupa agar terlihat menarik, artistik dan bisa menggambarkan lezatnya makanan tersebut.

Dalam webinar yang berlangsung hampir dua jam, Made yang pernah meraih berbagai penghargaan dan kejuaraan ini menekankan bahwa dengan modal sebuah telpon genggam kita bisa menghasilkan sebuah foto yang baik dan menarik. Namun tentu saja untuk mendapatkan hasil yang bagus diperlukan trik-trik tertentu dalam mempermainkan gambar dan pendukung. Seperti cahaya, pemilihan dari bahan makanan dan juga tempat atau alas makanan sebagai pendukung untuk di foto.

Made yang juga seorang kreator kuliner di youtube, menerangkan kepada peserta untuk tidak lupa menerapkan konsep dari foto makanan yang akan kita buat karena konsep inilah yang nantinya juga bisa membedakan hasil dari sebuah foto.

Made kemudian memperlihatkan kepada peserta webinar secara langsung proses pengambilan gambar, dengan cahaya artifisial atau jika menggunakan cahaya natural. Pentingnya memiliki peralatan pendukung seperti treepod dan usahakan menggunakan timer dalam pengambilan gambar.

Made menyatakan juga bahwa fotografi tidak hanya sekedar hobi namun bisa menjajikan secara finansial, apalagi di masa pandemi ini, dimana banyak kuliner yang lebih banyak sistimnya antar kirim. Namun menurut Made, untuk bisa menjadi seorang fotografi yang baik harus sering berlatih dan rajin melihat berbagai foto makanan di sosial media, karena itu merupakan salah satu cara kita untuk membandingkan berbagai cara dan hasil dari sebuah karya foto.

Selain webinar fotografi makanan, KJRI Marseille juga mengadakan lomba foto ibu dan anak juga makanan bagi seluruh WNI di Prancis, dalam rangka memperingati Hari Ibu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *