Indonesia Pesan 42 Jet Tempur Rafale Dari Prancis

Indonesia telah menandatangani kontrak untuk 6 Rafale dengan total pesanan 42 jet tempur, Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto mengumumkan Kamis pagi waktu Indonesia (10/02/2022)

Penandatangan kontrak ini dilakukan antara Marsekal Udara Yusuf Jauhari, kepala badan akuisisi Kementerian Pertahanan Indonesia, dan ric Trappier, CEO Dassault Aviation produsen Rafale, di hadapan Probowo Subianto, Menteri Pertahanan Indonesia dan mitranya dari Prancis, Florence Parly, dalam rangka upacara yang diselenggarakan di Jakarta. Kontrak ini memberikan pemberlakuan bertahap dengan tahap pertama yang melibatkan 6 Rafale dan kemudian 36 pesawat.

“Kami telah sepakat untuk membeli 42 Rafale,” kata Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto usai bertemu dengan Menhan Prancis Florence Parly di Jakarta.

“Indonesia yang menjatuhkan pilhan untuk menggunakan Pesawat Rafalle menunjukkan kepercayaan Indonesia kepada Prancis dan menjadi bukti bahwa kemitraan strategis kedua negara sangat kuat dan dinamis. Penandatanganan kontrak antara Indonesia dan Prancis yang baru saja dilaksanakan ini merupakan tahap penting dalam proses pengadaan alutsista Indonesia, dan Prancis berharap kontrak kerjasama ini dapat diaktifkan sesegera mungkin,” ujar Menteri Parly.

Kementerian Pertahanan RI menyambut baik rencana pengembangan mekanisme kerjasama 2+2 antara Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan kedua negara guna peningkatan kerjasama kerjasama bilateral.

Indonesia dan Prancis telah menjalin kerja sama pertahanan yang kuat, khususnya di bidang alutsista. Kerja sama pertahanan di bidang pendidikan dan pelatihan antara lain: kegiatan program pertukaran kunjungan; rencana kunjungan marinir Indonesia ke Kaledonia Baru; lebih dari 300 personel militer Indonesia telah menyelesaikan program pendidikan dan pelatihan di Prancis. Program pendidikan yang dilaksanakan di Perancis pada tahun 2021 adalah pendidikan setingkat Seskoad dan Sekolah Spesialisasi AL.

Satu tanggapan untuk “Indonesia Pesan 42 Jet Tempur Rafale Dari Prancis

  • 16 Februari 2022 pada 12 h 37 min
    Permalink

    Indonesia makin kuat pertahanannya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *