Tiba di Moskow, Dubes RI Baru, Jose Tavares Siap Pererat Hubungan RI dengan Rusia dan Belarus

Duta Besar RI yang baru untuk Rusia merangkap Belarus, Yang Mulia Jose Antonio Morato Tavares, telah tiba di Moskow. Kedatangan Dubes Jose Tavares akan mengemban misi Perwakilan RI di Moskow untuk lebih mempererat hubungan Indonesia dengan Rusia dan Belarus, yang merupakan negara rangkapan KBRI Moskow.

Dubes Jose Tavares tiba di Bandara Internasional Vnukovo, Moskow pada Minggu siang (13/12/2020) disambut salju yang turun di musim dingin yang menyelimuti Moskow dengan suhu sekitar minus 7 derajat Celsius.

Kedatangan Dubes Jose Tavares di Bandara Internasional Vnukovo yang berjarak 29 km dari KBRI Moskow langsung disambut hangat oleh Kuasa Usaha Ad Interim/Wakil Duta Besar RI, Azis Nurwahyudi, Atase Pertahanan, Firman Dwi Cahyo, dan Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Moskow, Lusy Surjandari. Dari Bandara, Dubes Jose Tavares langsung menuju Wisma Duta Besar di pusat kota Moskow.

Kedatangan Dubes baru negara ASEAN biasanya turut disambut di bandara oleh para Dubes negara ASEAN di Moskow. Namun, saat ini kondisinya disesuaikan karena situasi pandemi Covid-19. Pejabat dan staf KBRI yang menyambut juga terbatas. Kedatangan dan penyambutan mengikuti protokol kesehatan.

Dubes Jose Tavares merupakan diplomat karir di Kementerian Luar Negeri RI, dengan pengalaman diplomasi yang luas. Misi Dubes Jose Tavares adalah untuk lebih mempererat dan meningkatkan hubungan Indonesia dengan Rusia dan Belarus di berbagai bidang, seperti politik, ekonomi dan perdagangan, investasi, pariwisata, pertahanan, pendidikan, ilmu pengetahuan, sosial dan budaya.

“Rusia dan Belarus merupakan negara penting bagi Indonesia. Banyak peluang dan potensi pengembangan kerja sama yang kita miliki,” kata Dubes Jose Tavares.

Dubes Jose Tavares akan berkantor di KBRI Moskow, Ulitsa Novokuznetskaya 12, untuk menyukseskan pemenuhan kepentingan Indonesia di Rusia dan Belarus. KBRI Moskow berlokasi di pusat kota Moskow yang berjarak sekitar 1,8 km dari Kremlin dan Lapangan Merah.

Dubes Jose Tavares dilantik sebagai Dubes RI untuk Rusia merangkap Belarus oleh Presiden Joko Widodo pada 26 Oktober 2020 di Istana Negara, Jakarta. Sebelumnya, Dubes Jose Tavares pernah menjabat berbagai posisi penting di Kementerian Luar Negeri RI, seperti Direktur Mitra Wicara dan Antar Kawasan ASEAN (2007-2010), Direktur Politik dan Keamanan (2011-2012), Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN (2016-2020).

Dubes Jose Tavares pernah bertugas pada Perwakilan RI di sejumlah negara, termasuk menjadi Dubes RI untuk Selandia Baru tahun 2013-2016. Dubes Jose Tavares juga pernah mengikuti dan memimpin Delegasi Indonesia dalam berbagai pertemuan bilateral, regional, dan multilateral.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *