Diplomasi Nasi Tumpeng untuk Diaspora Dunia

Kegiatan promosi kebudayaan Indonesia ini diikuti oleh tiga belas perempuan dari berbagai negara yang tergabung dalam International Women’s Club Cape Town (IWC)

Bertempat di Wisma Indonesia, KJRI Cape Town promosikan kuliner khas Indonesia bertemakan “Nasi Tumpeng: a Traditional Indonesian Dish” (23/02/2021).

Organisasi IWC merupakan sebuah perkumpulan non profit yang didirikan dengan tujuan untuk saling belajar dan menumbuhkan pemahaman terhadap perbedaan budaya yang dilandaskan atas nilai persahabatan, saling mendukung dan fun.

Didirikan pada tahun 1997, saat ini anggotanya lebih dari 340 orang yang berasal dari 35 negara yang berada di Cape Town. Acara dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan di Afrika Selatan. Kegiatan terbagi atas dua sesi yaitu presentasi mengenai filosofi dan cara membuat nasi tumpeng dilanjutkan dengan perlombaan membuat nasi tumpeng.

Seluruh peserta yang hadir dibagi menjadi tiga kelompok dengan tiga meja terpisah. Berbekal informasi dan pengetahuan yang sudah disampaikan sebelumnya masing-masing kelompok diberikan waktu 20 menit untuk memproses nasi tumpeng dengan bahan-bahan yang sudah disiapkan.

President IWC, Amanda Osorio menyampaikan kesannya, “It was such a beautiful, lovely and memorable event. I like this nasi tumpeng so much.”

Di akhir acara, seluruh peserta mendapatkan buah tangan khas Indonesia berupa kopi, makanan ringan dan souvenir. Dengan diplomasi nasi tumpeng dan acara yang dipenuhi suasana nusantara, vibrasi akan Indonesia diharapkan menjadi memori kolektif para peserta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *