Ragam Budaya Indonesia Mendapatkan Tepuk Tangan Meriah Di Kampus Ezzitouna, Tunis

KBRI Tunis bekerja sama dengan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI Tunisia) menyelenggarakan kegiatan Indonesian Cultural Presentation Day di Universitas Ezzitouna, Tunis pada 5 Maret 2021. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari partisipasi KBRI Tunis pada rangkaian acara pembukaan kegiatan lomba pidato antar mahasiswa yang diselenggarakan oleh kampus tersebut.

Kegiatan Indonesian Cultural Presentation Day tersebut telah menarik ratusan mahasiswa Tunisia dan asing untuk menyaksikan beragam penampilan menarik yang ditampilkan mahasiswa Indonesia yang kuliah di kampus tersebut.

Kegiatan presentasi budaya dibuka dengan fashion show pakaian adat oleh 10 mahasiswi Indonesia yang mengenakan pakaian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa Barat, Betawi, Riau, Padang, Kalimantan dan lain-lain. Paduan warna-warni yang mencolok, aksesoris khas pakaian adat nusantara menarik para penonton yang menyaksikan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan Marawis dari PPI Tunisia yang membawakan lagu-lagu keagamaan seperti Ya Rasulullah dan instrumen melayu lagu Cindai yang diselingi tarian-tarian Marawis membuat riuh suasana kampus tersebut.

Pertunjukan juga dilanjutkan dengan tarian Saman dari Aceh yang mendapatkan tepuk tangan meriah dari para mahasiswa dan akademisi yang menyaksikan. Perpaduan gerakan dan nyanyian yang serentak dan bersamaan dengan iringan lagu dua orang syeik menambah ramai suasana acara tersebut.

Mahasiswa Tunisia juga disajikan dengan atraksi Pencak Silat yang menampilkan jurus, seni tarung dan demo mematahkan kayu. Selain penampilan budaya, acara Indonesian Cultural Presentation Day juga dimeriahkan dengan promosi kuliner Indonesia, yaitu bakwan, pisang goreng coklat, cilok dan aneka makanan lainnya. Mahasiswa warga lokal Tunisia dan asing diajak untuk mencicipi kuliner Indonesia yang disajikan tersebut yang dibuat oleh mahasiswa PPI Tunisia.

Penyelenggaraan kegiatan Indonesian Cultural Presentation Day di Universitas Ezzitouna, Tunis telah berlangsung dengan baik dan lancar serta mendapatkan sambutan yang meriah dari mahasiswa dan civitas kampus.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu peran aktif masyarakat/diaspora Indonesia di negara akreditasi Tunisia dalam upaya diplomasi budaya dengan mengenalkan keragaman tradisi seni, tarian dan makanan Indonesia kepada warga lokal Tunisia dan mahasiswa asing di kampus tersebut. Diharapkan kegiatan promosi tersebut menjadi perekat hubungan kerja sama budaya antara kedua negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *