Warga Indonesia di Jerman Rayakan Hari Kartini dengan Talkshow dan Bazar Kuliner

Dalam rangka menyambut Hari Kartini, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Frankfurt bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Frankfurt, Permif e.V., Merpati e.V. dan Gebhini e.V. telah menyelenggarakan acara Talkshow, Lomba dan Bazar Kuliner Indonesia secara daring. Acara Talkshow bertajuk ‘Kartini Masa Kini‘ digelar pada 21 April 2021 dengan mengundang pembicara para tokoh Wanita Indonesia, yang tinggal di Jerman. Sementara Bazar Kuliner Indonesia Online digelar pada tanggal 15-21 April 2021.

Dalam sambutannya, Konsul Jenderal RI di Frankfurt, Acep Somantri, membuka secara resmi acara tersebut dan menyampaikan selamat Hari Kartini kepada para Kartini Masa Kini yang terus semangat dalam meneruskan cita-cita perjuangan Kartini.

Saat ini program pengarusutamaan gender di Indonesia telah sangat maju yang dibuktikan dengan semakin tingginya peranan wanita di berbagai lini kehidupan, baik di dalam lingkungan keluarga, masyarakat, maupun kehidupan bernegara. Di KJRI Frankfurt sendiri, dari 9 diplomat yang ditugaskan, 6 di antaranya merupakan wanita. Hal ini menunjukkan bahwa perjuangan Kartini telah membuahkan hasil yang luar biasa dan masih terus diperjuangkan oleh para penerusnya.

Keynote speech disampaikan oleh Ketua DWP KJRI Frankfurt, Lilies Ekawati Somantri. Beliau mengatakan bahwa sosok Kartini Masa Kini dapat kita temukan dengan mudah di sekitar kita. Di Jerman sendiri kita memiliki banyak sekali tokoh Wanita Indonesia yang aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan organisasi.

‘‘Untuk wilayah kerja KJRI Frankfurt yang terdiri atas 6 negara bagian, terdapat 81 organisasi kemasyarakatan Indonesia. Dari jumlah tersebut, setidaknya 41 organisasi dipimpin oleh Wanita. Mereka berkarya di lingkungan sosial bukan karena paksaan, melainkan karena kepekaan mereka dan panggilan hati untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitarnya,‘‘ demikian ungkapnya.

Situasi pandemi tidak menyurutkan semangat para Kartini Indonesia yang tinggal di Jerman untuk turut merayakan Hari Kartini dan perjuangannya untuk emansipasi Wanita. Mereka semangat mengikuti kegiatan Bazar Kuliner Indonesia yang diselenggarakan pada 15-21 April 2021. Makanan yang akan dijual dipromosikan secara daring. Pembeli dan penjual berinteaksi langsung untuk pemesanan makanan melalui telepon. Penyerahan makanan yang telah dipesan dilakukan sesuai tanggal yang telah ditentukan agar tidak terjadi penumpukkan massa, tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Telah diselenggarakan juga berbagai jenis lomba daring untuk menyemarakkan peringatan Hari Kartini tahun ini, seperti lomba merangkai bunga, lomba berbusana khas Kartini, lomba menyanyi, lomba membaca puisi dan lomba menulis esai, yang diikuti oleh peserta dewasa dan anak-anak.

Acara Talkshow dilaksanakan secara daring dengan pembicara Andi Nurhaina, Diyah Nahdiyati, Priska Balondo, Siti Asiyah, Sumiati Lalo, Sinta Dewi dan moderator Jofi Puspa. Dalam acara tersebut juga ditayangkan tari tradisional Sukoretno yang dibawakan oleh Rifda Shifa Nadia, pemutaran Video Dokumentasi hasil karya peserta lomba yang telah diselenggarakan secara daring, pengumuman pemenang lomba Hari Kartini dan live music performance oleh Siti Asiyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *