Kemendikbudristek Serahkan Mobil Vaksinasi kepada Pemprov DKI Jakarta

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyerahkan mobil vaksinasi dan laboratorium transformasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, pada Selasa (6/7). Penyerahan dua armada ini sebagai bentuk dukungan dan kerja sama Kemendikbudristek melalui Ditjen Dikti dengan Pemprov DKI Jakarta dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam menyatakan kolaborasi dari berbagai sektor sangat penting untuk bersama-sama menangani pandemi Covid-19 di Indonesia. “Dalam hal ini dengan Pemerintah Daerah DKI Jakarta, mudah-mudahan kerja sama ini dapat terus berlangsung demi kepentingan masyarakat luas dan kemajuan bangsa dan negara,” tuturnya.

Nizam menambahkan bahwa mobil vaksinasi ini semula dirancang sebagai alat pembelajaran jarak jauh di daerah perbatasan dan rencananya akan dikirim ke Nusa Tenggara Timur. Namun melihat situasi pandemi Covid-19 di DKI Jakarta semakin genting, akhirnya mobil vaksinasi ini dihibahkan ke Pemprov DKI Jakarta untuk dimanfaatkan dalam program vaksinasi.

“Adapun mobil vaksinasi bertujuan untuk mengoptimalkan program vaksinasi sebagai dampak nyata dan positif ke masyarakat agar bisa dirasakan secara maksimal,” tutur Nizam.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Paristiyanti Nurwardani menyampaikan mobil vaksinasi ini dipersembahkan melalui Kedaireka sebagai produk hasil hilirisasi riset di perguruan tinggi. Ia pun berharap mobil vaksinasi ini dapat bermanfaat untuk Pemprov DKI Jakarta maupun daerah-daerah lainnya.

Mobil vaksinasi hasil karya peneliti dari Universitas Prasetya Mulya ini dilengkapi dengan fasilitas dua tenda di sayap kanan dan kiri mobil yang berfungsi untuk registrasi vaksinasi dan juga sebagai ruang tunggu. Di dalam mobil terdapat hand sanitizer otomatis, lemari pendingin untuk penyimpanan dosis vaksin, tempat duduk untuk melakukan vaksinasi, dan alat UVC yang bertujuan untuk mensterilkan ruangan setelah vaksinasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *