Menembus Pasar Kanada dengan Produk Makanan dan Minuman Khas Indonesia

Dengan tema “A Flavorful Journey to Indonesia: Discover Indonesian Diversity and Heritage through its Finest Food and Beverage Products”, Indonesia memamerkan produk-produk makanan dan minuman unggulan khas seperti kopi, teh, serta makanan ringan terbuat dari ketela pohon, keripik buah, kelapa, gula aren, vanila, dan coklat. Seluruh produk tersebut telah dikurasi agar dapat diterima lidah masyarakat lokal.

Pameran produk tersebut diselenggarakan oleh KJRI dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) di “2021 Indonesian Food and Beverage Trade Show” (IFBTS) pada 25-27 Agustus 2021 di kota Vancouver, Kanada.

Pada acara ini turut ditampilkan pula booth “Indonesia Spices for the World untuk perkenalkan rempah-rempah Indonesia yang unik dan berkualitas tinggi ke pasar Kanada. Produk makanan dan minuman yang ditampilkan berasal dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia hasil binaan Bank Indonesia, BRI dan BNI yang juga menjadi sponsor kegiatan. 

Konsul Jenderal RI Vancouver, Hendra Halim menyampaikan bahwa target Indonesian Food and Beverage Trade Show adalahagar produk makanan minuman Indonesia dapat memanfaatkan potensi pasar di pantai barat Kanada yang belum dioptimalkan. Diharapkan hasil kegiatan ini dapat menghasilkan beberapa tindak lanjut seperti transaksi dagang dan kerja sama lainnya. 

Kepala ITPC Vancouver mengatakan bahwa kegiatan tersebut akan dihadiri oleh importir, distributor maupun para diaspora yang memiliki usaha di wilayah kerja. Ditambahkan pula bahwa selama pameran juga akan dilakukan pertemuan dengan beberapa distributor besar dan pemilik supermarket yang ada di Vancouver.

Pembukaan Indonesian Food and Beverage Trade Showdihadiri oleh Menteri Pendidikan Tinggi dan Pelatihan Keterampilan Provinsi British Columbia, Anne Kang, dan Anggota Dewan Legislatif Provinsi British Columbia, Henry Yao yang memiliki ketertarikan terhadap Indonesia. 

Sebagai informasi, hubungan dagang Indonesia-Kanada masih sangat berpotensi untuk ditingkatkan. Pada tahun 2020, Indonesia merupakan mitra dagang terbesar ke-24 bagi Kanada dengan total nilai perdagangan mencapai 3,4 miliar dolar AS.

Komoditas ekspor utama Indonesia ke Kanada didominasi oleh produk-produk pertanian, industri manufaktur, dan hasil tambang.

Penyelenggaraan 2021 Indonesian Food and Beverage Trade Show di Vancouver diharapkan mampu meningkatkan upaya diversifikasi produk ekspor Indonesia di Kanada, khususnya di sektor Fast-Moving Consumer Goods (FMCG).

Satu tanggapan untuk “Menembus Pasar Kanada dengan Produk Makanan dan Minuman Khas Indonesia

  • 30 Agustus 2021 pada 22 h 58 min
    Permalink

    Produk ini yang konsumsi wni atau warga asing ya?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *