Coffe Cupping, Agenda Tahunan Promosi Kopi Indonesia Di Bangkok

Berbagai jenis kopi spesial Indonesia disuguhkan oleh Ephraim Coffee antara lain Java Blackcurrant, Java Orange, Java Apple Sparkling, Espresso Salty, Java Aromanis, Bali Kintamani, Mandailing, Flores dan Toraja. Dalam paparannya Ferry Kusnadi, pemilik Ephraim Coffee, kesembilan jenis kopi tersebut memiliki cara pemrosesan tersendiri untuk menghasilkan minuman kopi dengan rasa yang unik dan aroma kopi yang khas. Dalam hal ini sebagai contoh, Java Orange diolah melalui proses fermentasi sehingga menimbulkan aroma buah-buahan, begitu pula Java Apple Sparkling dengan proses berbeda muncul rasa manis dan asam, dan tidak kalah unik jenis Espresso Salty dengan rasa asin alami. Ketiga jenis kopi ini berasal dari Jawa Barat.

​Dalam sambutan pembukaannya, Wakil Kepala Perwakilan KBRI Bangkok, Sukmo Yuwono mengatakan coffee cupping menjadi kegiatan tahunan untuk promosikan kopi Indonesia. “Kami harapkan pelaku usaha dan ahli kopi di Thailand lebih mengenal beragam jenis kopi Indonesia dan tentunya melalui kegiatan coffee cupping dapat tercipta kerjasama bisnis yang saling menguntungkan”, kata Sukmo.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Asosiasi Kopi dan Teh Thailand, Dr. Teewarat Wongworatat mengapresiasi kegiatan promosi kopi di Thailand oleh KBRI Bangkok yang rutin diadakan sejak tahun lalu. “Asosiasi Kopi Thailand mendukung kegiatan seperti ini diadakan tidak saja untuk membangun dan meningkatkan pengetahuan mengenai citarasa kopi Indonesia, coffee cupping berguna memperkuat pula kerjasama perdagangan Indonesia-Thailand”.

Thailand memproduksi kopi sekitar 30 ribu ton yang mengalami penurunan tiap tahunnya. Pangsa produksi kopi Thailand di ASEAN hanya 1,2% dibanding Indonesia yang 28% dan Vietnam yang pangsanya hampir 70%.Lebih dari 65 penggiat kopi Thailand dari berbagai kalangan seperti anggota asosiasi kopi, roaster, grader, pemilik coffee shop, ahli kopi, barista dan perwakilan dari Department of Agriculture Thailand dengan antusias mengikuti acara. Peserta menyimpulkan, kopi Indonesia memiliki identitas dan juga kekhasan.

Kopi-kopi ini sangat bagus untuk disediakan pula level komersialnya karena mempunyai potensi pasar di Thailand.Kopi adalah produk kebanggaan Indonesia yang mendunia. Dari lahan 1,2 juta hektar, kemampuan produksi kopi Indonesia mencapai 765 ribu ton jenis arabika, robusta dan liberika, termasuk kopi spesial. Berdasarkan statistik, Indonesia merupakan produsen ke-4 terbesar di dunia.

Volume ekspor ke Thailand pada Januari – Oktober 2021 sebesar 4.690 ton meningkat 58% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Indonesia menjadi pemasok kopi ke-3 di Thailand, setelah Vietnam dan Laos.

Satu tanggapan untuk “Coffe Cupping, Agenda Tahunan Promosi Kopi Indonesia Di Bangkok

  • 1 Januari 2022 pada 20 h 35 min
    Permalink

    Kopi jawa Barat di Bandung sebenarnya dari dulu sudah banyak orang asing yang suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *