19 Atlet Menembak Indonesia Partisipasi Di Ajang ISSF World Cup Rifle-Pistol di Kairo Mesir

Indonesia kembali berjuang di ISSF World Cup Rifle / Pistol yang diadakan di Cairo, Mesir dari tanggal 26 Februari 2022 sampai 8 Maret 2022 yang diikuti 61 negara. Di gelaran kali ini, Indonesia mengirim 19 atlet yang terbagi ke dalam 4 cabor, Pistol Putri, Pistol Putra, Rifle putri dan Rifle Putra. 

Duta Besar RI di Cairo, Lutfi Rauf mengaku bangga dengan perjuangan dan kerja keras para atlet Indonesia. Atase Pertahanan RI di Cairo, Kol Kav Aria Sanggita Saleh juga menyambut dari kedatangan kontingen, melengkapi segala keperluan atlet, dan juga selalu memperhatikan kesehatan dan gizi para atlet selama di Cairo, yang saat itu sedang dalam musim dingin.

Manajer Kontingen Merah Putih Kol Candy mengungkapkan bahwa para atlet mendapatkan kualifikasi yang yangat ketat dari setiap daerah, bahkan ada salah satu Putri Papua yang ikut serta juga. Kualifikasi atlet dilakukan dalam pertandingan dan kejuaraan tingkat Nasional,

“Artinya, dalam beberapa tahun terakhir kami mempersiapkan diri dengan mengkualifikasi atlet yang memiliki potensi. “Hasil dari berbagai kompetisi tersebut yang menentukan lolos tidaknya atlet ke Pelatnas Perbakin” sambung Kol Candy. 

Kol Candy juga menyebutkan dapat mengirim 19 atlet ke ISSF di Cairo ini tak lepas dari peran pemerintah. Ia menambahkan Kementerian Pemuda dan Olahraga memberikan perhatian lebih terhadap olahraga menembak. Perhatian lebih dari Kemenpora ini membuat Perbakin bisa lebih banyak melakukan persiapan.

“Jadi dulu olahraga menembak, terutama sebelum 2013, fasilitas masih belum layak. Tidak bisa mengikuti kejuaraan-kejuaraan tingkat Internasional. Ikut satu kejuaraan internasional itu sudah beruntung” Ungkap salah satu atlet.

Peningkatan prestasi juga ambil peran utama pada perhatian pemerintah. “Target kami di ISSF World Cup Cairo ini bukan medali, melainkan pengalaman. Kami tidak menargetkan secara khusus, jadi biar teman-teman tidak terbebani” sambung asisten Pelatih Rifle, Ipung Saeful.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *