Melihat Jakarta Di Berlin Melalui 50 Karya Foto

Jakarta Content Creator Community (JCCC) sebagai komunitas para kreator konten di Jakarta, mengadakan pameran foto di Berlin, Jerman.

Pameran yang berlangsung dari tanggal 12-17 Juni 2022 ini juga sekaligus dalam rangka memperingati 28 tahun kerjasama sister city Berlin – Jakarta dan 70 tahun hubungan diplomatik Jerman dan Indonesia. Pameran foto tersebut digelar di galeri LABO 6/2, Dahlmannstrasse, Berlin. Terdapat 50 foto yang dipasang yang merupakan karya dari para konten kreator yang ada di Jakarta.

Pembukaan pameran tersebut dihadiri langsung oleh perwakilan Pemerintah Berlin yang diwakili oleh Dr. Eric Stollenwerk dari senate chancellery of Berlin dan juga Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Berlin, Prof. Ardi Marwan. Sementara rombongan delegasi Jakarta dipimpin oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Andhika Permata.

Dalam sambutannya, Andhika mengaku sangat senang bisa hadir dalam kegiatan tersebut. “Atas nama Pemprov DKI Jakarta, kami berterima kasih atas undangan dari Kota Berlin, sehingga pameran ini dapat terwujud,” ujarnya, Minggu (12/6) sore waktu setempat.

Melalui pameran foto ini, lanjut Andhika, diharapkan dapat memperlihatkan wajah baru Jakarta yang sudah semakin modern. “Semoga kerja sama antara kedua kota yang sudah terjalin baik ini, dapat semakin ditingkatkan,” ucapnya.

Melalui foto-foto tersebut, Jakarta sedang menunjukkan transformasi di ruang ketiganya. Yakni ruang yang menjadi titik temu warga Jakarta.

Senada dengan Andika, Eric selaku perwakilan Kota Berlin juga mengapresiasi gelaran pameran foto yang bertajuk “Jakarta Awaits You” tersebut. “Selama ini hubungan kedua kota sudah sangat berjalan dengan baik. Mulai dari kegiatan enterprenur hingga digital ekonomi terus terjalin,” ucapnya saat memberikan sambutan.

Eric menambahkan, banyak proyek yang telah dilakukan oleh kedua kota. Pameran foto yang digelar oleh JCCC ini merupakan bukti nyata hubungan kedua kota. “Kami sangat menantikan kerja sama kedua kota di masa depan,” terangnya.

Sedangkan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Berlin, Prof. Ardi Marwan juga memberikan apresiasi terhadap pameran tersebut. “Kami sangat senang dengan adanya ekshibisi ini. Apalagi hubungan Indonesia dan Jerman sudah sangat kuat,” ucapnya.

Perwakilan JCCC, Abby Marcel menambahkan, foto-foto yang dipamerkan sudah melalui kurasi ketat dari ratusan foto yang sudah ada. 50 foto terbaik kemudian dibawa ke Berlin untuk dipamerkan. “Tak hanya foto-foto, ada sekitar 20 konten kreator yang juga ikut serta,” ujar dia.

Tak hanya pameran, lanjut Abby, JCCC juga sekaligus bertemu dengan beberapa konten kreator Berlin untuk melakukan diskusi dan berbagi cerita. “Diskusi ini juga sekaligus saling berbagi pendapat mengenai memperkenalkan kota melalui karya masing-masing,” terangnya.

Pembukaan pameran sendiri menarik perhatian banyak masyarakat, tak hanya warga Berlin tetapi juga WNI yang tinggal di Berlin. Termasuk juga beberapa mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Jerman. Pameran ini juga terlaksana melalui kolaborasi antara JCCC, Pemprov DKI, dan IndoHub e.V.

Satu tanggapan untuk “Melihat Jakarta Di Berlin Melalui 50 Karya Foto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *