Peningkatan Bisnis Indonesia dan Oman Terus Meningkat

Sebagai salah satu upaya peningkatan ekspor, KBRI Muscat kembali selenggarakan pertemuan bisnis antara pengusaha Indonesia dengan Oman dan Yaman. Pertemuan bisnis kali ini dilakukan bekerja sama dengan penyelenggaraan Muslim Life Trade, 26-28 Agustus 2022 yang berlangsung di ICE BSD Tangerang.

Dalam kegiatan ini KBRI Muscat memfasilitasi One-on-one Business Matching secara daring antara lima perusahaan importir di Oman dengan calon mitra eksportir dari Indonesia. Produk yang ditawarkan meliputi pakaian muslim, kain sarung, herbal, kosmetika, makanan jadi, daging ayam beku serta produk makanan lainnya.

Selama lima tahun terakhir ini, ekspor produk tekstil dari Indonesia ke Oman terus meningkat. Tahun 2021 ekspor produk tekstil, termasuk pakaian, mencapai nilai USD 1,5juta, naik 82% dibanding tahun 2020. Produk tekstil Indonesia, khususnya sarung Goyor, menjadi produk yang sering dicari oleh importir di Oman dan Yaman karena bahannya yang berkualitas tinggi, nyaman dipakai, warnanya tidak luntur selama bertahun-tahun, dan harganya yang kompetitif. Selain itu, produk kosmetik dan herbal, juga banyak diminati mengingat memiliki kualitas yang baik, kemasannya yang rapi, aromanya yang wangi, dan harganya yang sangat terjangkau bagi seluruh kalangan di Oman dan Yaman. Negara saingan lain yang produknya telah masuk antara lain Turki, Thailand, Singapura, India, dan RRT.

Pada One-on-one Business Matching para importir di Oman mendapatkan informasi secara akurat karena eksportir Indonesia mempresentasikan secara langsung produk yang ditawarkan. Meskipun dilakukan secara daring, namun para calon pembeli mengatakan cukup puas dan akan berkomunikasi lebih lanjut kepada produsen untuk pembelian produk yang ditawarkan.

Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) sebagai penyelenggara Muslim Life Trade 2022 menyiapkan sejumlah eksportir Indonesia untuk dipertemukan dengan calon pembeli dari berbagai negara, termasuk Oman, Mesir, Malaysia, Inggris dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *