Tim Marawis Indonesia Meriahkan Festival Internasional Maulid di Kairouan

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tunis mendapat kehormatan untuk berpartisipasi dalam Festival Internasional Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan di kota Kairouan pada 7-8 Oktober 2022.

Untuk partisipasi tersebut, KBRI Tunis menampilkan Tim Marawis Indonesia untuk bergabung dengan tim marawis dari negara lain seperti Aljazair, Libya, Tunisia dan Suriah.

Pada acara tersebut, Tim Marawis Indonesia menampilkan syair-syair shalawat, pujian tentang Nabi Muhammad SAW yang ditonton ribuan masyarakat Tunisia yang hadir di yang memenuhi kompleks masjid Okba Ben Nafi kota Kairouan.

Dalam kesempatan pembukaan acara tersebut, Dubes Zuhairi berkesempatan memberikan sambutan yang antara lain menyampaikan terima kasih atas kehormatan bagi Indonesia mendapatkan undangan khusus untuk memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di festival tersebut.

Dubes Zuhairi juga menyampaikan bahwa shalawat Nabi menjadi salah satu kekuataan dan karakter Islam Indonesia dimana tradisi tersebut berlangsung hingga saat ini dalam menyelami semangat perjuangan dan pengorbanan Nabi Muhammad SAW.

Dalam festival tersebut, kelompok Marawis KBRI Tunis menampilkan lantunan Shalawat Badr, Ilir-Ilir, Ya Abal Hasanain, dan Ya Madad. Dipilihnya tembang Lir-ilir untuk mengenalkan strategi dakwah penyebaran Islam di Indonesia melalui kesenian dan kebudayaan yang dilakukan Walisongo.

Acara Festival Internasional Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2022 di kota Kairouan diselenggarakan dari 1-10 Oktober 2022 dengan beragam kegiatan seperti pementasan musik dan budaya, pameran usaha kecil dan menengah (UMKM) dan penyelenggaraan seminar ilmiah.

Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerja sama Pemerintah Propinsi Kairouan, Kementerian Agama dan Kementerian Pariwisata Tunisia dengan memakai tempat di Mesjid Okba Ben Afi yang kaya akan warisan sejarah dan budaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *