Cinta Indonesia, Penulis Jerman Axel Weber Rilis Die Jakarta Trilogie

Sobat Surat Dunia, mencari buku tentang Indonesia di benua Eropa itu gampang-gampang sulit. Apalagi jika dikemas dalam novel dengan genre thriller. Buku satu ini bisa jadi pilihan, khususnya bagi sobat Surat Dunia yang bisa berbahasa Jerman, die Jakarta Trilogie.

Buku karya penulis Axel Weber (bisa follow instagramnya di @axelweberwriter) ini hadir dengan warna eye catching dan sukses membuat orang penasaran. Meski sudah hadir sejak Maret 2022, buku ini makin diperkenalkan dalam Indonesia Festival Frankfurt di bulan September lalu.

Dalam bedah buku, Axel Weber paparkan banyak hal soal buku ini. Namun karena bahasa Jerman saya pas-pasan, saya menawarkan diri untuk mewawancarai sang penulis dengan bahasa Inggris. Axel pun menyambut ramah dan kami pun berbincang lewat online.

Ada sejumlah latar belakang yang menjadi dasar Axel menghasilkan karya ini. Di antaranya ketertarikan terhadap Indonesia. Ia sebut pertama kali menjejakkan kaki di tanah air di tahun 2002 alias 20 tahun lalu. Berkat studi dan penelitian di bidang post-colonialism, Axel pun menemukan banyak kisah sekaligus mempelajari sejarah yang membuatnya cinta Indonesia.

Dalam wawancara, Axel ungkapkan banyak hal menarik, seperti die Jakarta Trilogie berisi tiga kisah unik. Kemudian ceritanya mencakup tiga momentum berbeda yang berlangsung di ibu kota. Yaitu, di tahun 1965, 1998 dan 2002.  Axel pun menggabungkan riset sejarah Indonesia hingga imajinasi dan fantasi kreatifnya, sehingga novel tentang mata-mata dan thriller ini hadir.

Dengan latar tahun 1965 dan 1998 yang di suatu sisi kadang menjadi hal sensitif, penulis berupaya menyajikannya dengan menarik. Hal ini tentu membuat orang bertanya-tanya. Nah kalau penasaran, langsung aja dibaca. Dalam membuat karya, Axel pun sudah bersiap jika bukunya ini difilmkan atau masuk ke NETFLIX. Pasalnya, di Indonesia cerita seperti yang ia tulis belum banyak naik di layar lebar Indonesia dan juga bakal jadi sesuatu yang unik dan ditunggu bagi penyuka film atau tayangan thriller.

Axel juga sebut saat ini belum banyak penulis di Jerman yang mengangkat soal Indonesia. Padahal, Indonesia adalah salah satu negara besar di dunia yang memiliki kekayaan alam dan budaya. Di samping itu, di Jerman juga komunitas Indonesia termasuk cukup besar jumlahnya. Di tambah lagi, hubungan baik antar kedua negara di tahun 2022 ini sudah berlangsung selama 70 tahun.

Menurut Axel, buku ini menyasar banyak kalangan. Tidak hanya mereka yang punya memori, tertarik atau ada keterikatan dengan indonesia, tetapi juga bagi pecinta buku. Pembaca diharapkan bisa merasakan banyak sensasi saat menikmati buku ini di setiap lembarnya. Oiya, novel setebal lebih dari 300 halaman ini juga menjadi bagian dari serial Garuda. Ia pun tengah menyelesaikan sekuel dalam waktu dekat.

Buku ini bisa didapatkan melalui online seperti Amazone dan di toko buku yang ada di Jerman. Namun yang pasti bisa dikirimkan ke seluruh dunia. Kemudian, Axel pun ingin karyanya makin dibaca banyak orang, ia tengah berupaya membuat cetakan dalam bahasa Inggris. Tentu saja agar pecinta buku internasional juga bisa merasakan asyiknya berpetualangan dengan latar Indonesia, khususnya Jakarta.

3 tanggapan untuk “Cinta Indonesia, Penulis Jerman Axel Weber Rilis Die Jakarta Trilogie

  • 20 Oktober 2022 pada 0 h 57 min
    Permalink

    Kapan ada versi bahasa inggrisnya ya Kak Ollie ? Jadi penasaran.

    Balas
  • 20 Oktober 2022 pada 6 h 48 min
    Permalink

    The English language version of the Jakarta Trilogy will be published in 2023. To know more and receive updates, follow axelweberwriter on Instagram, Facebook or TikTok and LinkedIn. Many thanks for your interest, Aliah!

    Balas
  • 21 Oktober 2022 pada 7 h 18 min
    Permalink

    Info menarik nih.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *