Mahasiswa Bucharest Antusias Ikuti Workshop Gamelan dan Melukis

Dalam rangkaian kunjungan delegasi Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar ke Rumania, pada tanggal 27 Oktober 2022 telah diselenggarakan dua workshop, yaitu Workshop Gamelan di National University of Music Bucharest (UNMB) dan Painting Workshop di University of Art Bucharest (UNARTE). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan keragaman budaya Indonesia kepada para mahasiswa yang belajar di kedua universitas tersebut.

Workshop GamelanWorkshop Gamelan yang dilaksanakan di UNMB dipandu oleh Bapak I Nyoman Sudiana S.Skar.,M.Si yang merupakan dosen karawitan ISI Denpasar. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang pertemuan utama UNMB dihadiri oleh mahasiswa musik gamelan tahun pertama dan kedua, serta para alumni UNMB dan anggota Jepun Bali asuhan Bapak Lucian Zbarcea, WN Rumania yang juga alumni ISI Denpasar melalui program Darmasiswa.

Dalam workshop tersebut, para mahasiswa belajar memainkan berbagai alat musik gamelan, seperti kendhang, saron, demung, boning, kenong, gong, kempul dan gambang. Lagu yang dipelajari mahasiswa tahun pertama dan kedua adalah Tabuh Topeng Menyet dan Tabuh Gilak, sedangkan para alumni UNMB dan anggota Jepun Bali mempelajari Tabuh Gari (Semar Pegulingan).

Antusiasme para peserta terlihat dengan banyaknya jumlah peserta yang hadir dalam workshop yang mencapai lebih dari seratus orang. Workshop yang dilaksanakan selama empat jam telah memberikan pengalaman bermain musik tradisional yang unik, dimana selama ini mereka hanya mempelajari beragam musik modern.

Disela-sela pelaksanaan workshop gamelan, KBRI Bucharest telah mendirikan booth promosi budaya dan kuliner nusantara. Dalam booth tersebut telah ditampilkan pakaian adat Sumatera Barat dan berbagai jenis kain nusantara serta patung garuda dan juga berbagai informasi destinasi wisata Indonesia yang tertuang dalam leaflet, brosur dan buku. Tidak ketinggalan, alat musik asal Jawa Barat, angklung juga ditampilkan dalam booth tersebut. Aneka ragam jajanan khas nusantara seperti bubur sumsum, martabak dan risoles disuguhkan kepada para peserta yang sangat menikmati hidangan tersebut.

Painting Workshop

Painting Worshop yang dilaksanakan di University of Art Bucharest di pandu langsung oleh Prof. Dr. I Wayan Adnyana yang merupakan Rektor ISI Denpasar. Workshop yang mengambil tema Mix Technique Drawing and Water Colours dihadiri 25 orang, baik dari mahasiswa maupun pelukis asal Rumania.Suasana workshop semakin menarik setelah Prof Wayan menyelesaiakan hasil lukisan bercorak abstrak yang cukup dikagumi para peserta. Dalam kesempatan tersebut, salah satu peserta menyampaikan usulannya agar hasil lukisan para peserta dalam workshop dapat dikoleksi untuk nantinya dipamerkan dalam sebuah acara yang terpisah.

Pada sesi tanya jawab, peserta workshop menyampaikan ketertarikannya untuk belajar lebih lanjut di Indonesia ataupun mengikuti perlombaan menggambar yang diselenggarakan pihak Indonesia. Merespon hal tersebut, Prof Wayan menyampaikan bahwa salah satu hasil pertemuan dengan University of Art Bucharest adalah penandatanganan kerja sama, dimana salah satu poinnya adalah pertukaran pelajar atau pemberian beasiswa bagi mahasiswa Rumania dan Indonesia.

Dalam konteks ini, kiranya para peserta yang saat ini masih berstatus mahasiswa dapat memanfaatkan hasil kerja sama tersebut.Secara umum, kedua workshop tersebut berjalan dengan baik dan juga mendapatkan respon yang cukup positif dari para peserta​​

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *