Alhamdulillah! Lebaran Keduaku di Jerman Banyak Makan-Makan

Catatan Aulia Kurnia

Alhamdulillah! Lebaran Keduaku di Jerman Banyak Makan-Makan
Mumpung masih Syawal, buat sobat Surat Dunia sebelumnya saya mau mengucapkan Minal Aizin Wal Faizin mohon maaf lahir batin. Tahun 2023 ini jadi Idulfitri kedua saya di tanah rantau, Frankfurt Jerman. Bisa dibilang tahun ini, lebih banyak selebrasi dan makan-makannya, Alhamdulillah!

Salat Ied

Perayaan hari kemenangan di Jerman berlangsung Jumat 21 April 2023. Pagi diawali dengan ibadah Salat Idulfitri di Mainfeld Kulturzentrum Frankfurt. Menurut informasi, salat dimulai pukul 8 pagi. Namun ternyata karena di sejumlah kota terjadi Streik alias mogok kerja, waktu salat pun diberi toleransi mundur hingga jam 9 pagi. Oiya ini jadi pertama kalinya salat Id indoor setelah pandemi.

Selepas salat selesai, kami saling maaf-maafan dan setelah itu kembali ke aktivitas masing-masing. Misalnya. saya dan teman-teman yang kuliah harus kembali ke kampus. Namun pulang kuliah, kami makan masakan Nusantara di restoran Bali Bistro. Di samping itu, ada teman yang kasih kue buatannya, terima kasih Cicilia.

Lebaran di rumah bareng ibu kos

Pulang makan bareng, saya mendapat undangan Open House dari pasangan suami istri asal Indonesia, Kak Ashleika-Kak Ocky, makasih yaaa 🙂 Alhamdulillah, bisa merasakan opor ayam dan pempek. The best deh!! Besoknya di hari Sabtu sampai Minggu pun ada sejumlah undangan.

Lebaran di Open House Wisma Indonesia

Sabtu 22 April ada acara Open House di Wisma Indonesia. Antusiasmenya luar biasa, yakni ada sekitar 1000 orang hadir. Tahun ini jadi momen perayaan Lebaran terakhir Acep Somantri sebagai Konjen RI di Frankfurt, makanya banyak banget yang pengen silaturahmi. Lalu kami makan-makan opor ayam dan rendang. Asyik!Oiya saya juga sekalian bantu tim PPLN sosialisasi Pemilu 2024.

Sosialisasi Pemilu di Wisma Indonesia

Pulang halalbihalal, saya silaturahmi ke rumah teman Fara di kawasan Sachsenhausen Frankfurt. Yes, ketemu lagi dengan opor! Di tambah kenalan dengan teman-teman baru. Senang deh! Besok harinya, ibu kos bikin open house juga dengan menu opor ayam ala Palembang. Mantap!

Demikian kisah hari raya saya di tahun kedua di Jerman. Meski jauh dari keluarga, namun di sini saya menemukan keluarga baru, yakni saudara-saudari sebangsa dan setanah air. Oke deh, demikian cerita lebaran tahun 2023. Oleh karena itu, meaki belum bisa kirim-kirim kue ke Teh Din, tahun ini saya kirim cerita dulu aja ya hehehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *