Sosilisasi Pemilu PPLN Marseille di Kota Toulouse

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Marseille bekerjasama dengan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Toulouse melakukan sosialisasi pelaksanaan pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan Legislatif tahun 2024 bagi warga Indonesia di luar negeri.

Sosialisasi yang diadakan pada 16 September 2023 ini dihadiri sekitar 45 orang yang terdiri dari mahasiswa Indonesia dan WNI yang bekerja di industri penerbangan Airbus.

Sosialisasi yang dimulai pada pukul 14:30 dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan ketua PPLN Marseille. Ketua PPLN Marseille, Darmadi Azis menjelaskan kepada para peserta mengenai pentingnya keikut sertaan dalam Pemilu untuk itu bila tejadi perpindahan tempat tinggal, ketua PPLN menyarakan agar mengurus kepindahan dari tempat pemilih terdaftar sebelumnya untuk dapat terdaftar sebagai DPTBLN (Daftar Pemilih Tambahan Luar Negeri) maupun DPK (Daftar Pemilih Khusus). Dengan demikian maka hak konstitusi pemilih bisa tetap digunakan dalam Pemilu 2024.

Dalam sosialisasi yang bertempat di Trac L’Ecole Eric & Aurel Pradal, Toulouse ini juga dibahas mengenai persyaratan pemilu, siapa saja yang berhak memilih, metode yang dapat ditempuh serta jadwal Pemilu. Berbagai kendala yang biasa terjadi juga ikut dibahas. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dengan para peserta.

Pada wilayah kerja PPLN Marseille tercatat CAPIL ada DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang telah ditetapkan pada tanggal 21 Juni 2023 secara Nasional sebanyak 659 orang yang akan menggunakan hak pilihnya. Tercatat hingga saat ini yang akan memilih via pos sebanyak 584 orang dan datang langsung ke TPS LN sebanyak 75 orang.

Pelaksanaa sosialisasi untuk WNI di LN merupakan kegiatan yang sangat penting dilaksanakan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024. Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran WNI di LN untuk mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 agar dapat terlaksana secara langsung umum bebas rahasia dan adil.

Pada kesempatan yang sama Konsul Muda Pensosbud KJRI Marseille Hariman Theofilus Aaroozatulo HAREFA, juga memberikan pengarahan dan masukan agar para pelajar Indonesia bisa turut membantu sebagai diaspora Indonesia untuk memperkenalkan Indonesia dan menghimbau untuk selalu menjaga nama baik Bangsa dan Negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *