Nebeng di Acara PPI Stuttgart, Ini Gaya Sosialisasi Pemilu ala PPLN Frankfurt

Catatan Aulia Hakim

Halo Sobat Surat Dunia! Tidak terasa Pemilihan Umum 2024 tinggal 3 bulan lebih lagi. Tidak cuma di Indonesia, sosialisasi Pemilu 2024 juga gencar dilakukan banyak PPLN atau Panitia Pemilihan Luar Negeri di berbagai negara. Tidak terkecuali oleh PPLN Frankfurt yang kebetulan saya terlibat di dalamnya.

Sosialisasi sharing session dengan masyarakat Indonesia di Stuttgart

Tepatnya hari Sabtu 14 Oktober lalu, tim PPLN Frankfurt datang ke kota Stuttgart untuk sosialisasikan Pemilu 2024 di sana. Pasalnya, Stuttgart yang merupakan Ibu kota dari Bundesland Baden Württemberg adalah salah satu wilayah kerja KJRI Frankfurt yang tentu menjadi sasaran sosialisasi. Apalagi di Stuttgart berlangsung acara “Ein Tag mit PPI Stuttgart“ atau Satu Hari dengan PPI Stuttgart.

Tim PPLN main bowling bareng masyarakat Indonesia di Stuttgart

Uniknya, ngumpul bareng ini diawali dengan main bowling dan bilyard. Banyak yang ikutan main atau sekedar meramaikan acara dengan jadi tim hore, termasuk saya hihihi. Lalu, saat ditanya kenapa milih tempat tersebut, begini kata ketua PPI Stuttgart Andre Fahriz. “Kita udah survey via WA Group temen2 anak muda Indonesia yg di Stuttgart, pilih kunjungan ke Naturkundemuseum atau Bowling n Billiard. Ternyata banyak yang pilih ke Bowling n Billiard.“

Ketua PPI Stuttgart Andre Fahriz mendapat merchandise dari anggota PPLN Frankfurt, Sofyan Muslim

Acara ini bertujuan tidak hanya memperkenalkan PPI Stuttgart dan anggota PPLN, tetapi juga mempererat silaturahmi sesama orang Indonesia yang ada di Stuttgart. “Kita emang setiap bulan (atau maks 2 bulan) sekali ngadain Ein Tag Mit PPI Stuttgart buat tujuan silaturahmi. Ein Tag yg pertama kita ke planetarium, yang kedua lomba 17-an..“

PPLN Frankfurt cek data calon pemilih

Ein Tag mit PPI Stuttgart pun ditebengi tim PPLN Frankfurt untuk berbagi update soal Pemilu. Sosialisasi pun digelar di cafe di sekitar area bowling dan bilyard. Ada lebih dari 30-an orang yang datang dan mengikuti kegiatan ini. Sofyan Muslim selaku ketua divisi sosialisasi tidak hanya mengupdate perkembangan pesta demokrasi, tetapi juga berbagi hadiah merchandise eksklusif PPLN Frankfurt.

Alhasil para peserta jadi tambah semangat, karena merchandise nya tumbler kaca yang lucu hehehe. Kemudian acara pun berakhir dengan foto bareng di lokasi. Ke depannya di bulan November dan Desember mendatang, PPLN Frankfurt bakal bikin sosialisasi besar-besaran yang juga melibatkan PPi Stuttgart dan PPI lain.

Pastinya sih sosialisasi Pemilu zaman now harusnya tidak hanya pidato, tapi juga bisa menyasar anak-anak muda lewat media sosial dan datangi event-event masyarakat Indonesia di Jerman misalnya. Seru banget, kan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *