Fête du Citron 2024: Dari Olimpia Sampai ke Menton

Alfi pic profil
Catatan Alfi Rizal

Periode libur sekolah musim dingin di Prancis untuk zone B masih berlangsung hingga akhir pekan ini. Zone yang melingkupi daerah tempat tinggal kami. Kami tak pergi berlibur. Hanya jalan-jalan di dalam kota saja. Sabtu, 2 Maret 2024 yang lalu kami ke Menton, untuk sekedar berganti suasana, dan untuk Fête du Citron-nya, tentunya!

Menton, Kota Lemon

Menton adalah kota di ujung tenggara Prancis, yang berbatasan langsung dengan Italia di kota Ventimiglia. Setiap akhir Februari, sejak tahun 1934, diadakan Fête du Citron, Festival Lemon. Memang Menton adalah produsen lemon yang ternama. 

Foto @Office de tourisme Menton

Dengan iklim mikro subtropisnya di pesisir Laut Mediterania, lemon tumbuh dengan baik di Menton. Bentuk dan warnanya spesifik. Lemon Menton yang matang di pohon, dipanen secara manual tanpa perlakuan tambahan pasca panen, tidak dilapisi lilin, apapun komposisinya. Sejak tahun 2015, lemon dari Menton mendapatkan label Indication Géographique Protégée (Protected Geographical Indication) dari Komisi Eropa.

Fête du Citron berlangsung selama 15 hari mulai akhir Februari. Ada berbagai acara yang diadakan. Utamanya adalah L’Exposition de Motifs d’Agrumes, yang memamerkan berbagai bentuk struktur dari jeruk, dan Corso, parade mobil hias yang disusun dengan lemon dan jeruk. Ada Corsos des Fruits d’Or untuk parade siang dan Corsos Nocturnes Vitaminés untuk parade malam. Fête du Citron ke-90 tahun ini diadakan pada 17 Februari hingga 3 Maret 2024..

Struktur Kolosal dari Jeruk dan Lemon

Setelah batal pergi di akhir pekan pertama libur sekolah karena adanya pemogokan SNCF, Sabtu lalu kami berangkat ke Menton. Tujuan utamanya untuk L’Exposition de Motifs d’Agrumes. Sebenarnya ada keinginan datang pada saat Corso. Namun, selain bahwa tiket sudah habis—meski kami berniat menonton gratis saja—meteo France memprakirakan hujan deras di hari Minggu. Dan kemudian di hari-H saya melihat pengumuman dibatalkannya corso hari terakhir itu karena buruknya cuaca.

Fête du Citron kali ini mengambil tema De l’Olympie à Menton. Dari Olimpia (sampai) ke Menton. Tentu, berhubungan dengan agenda Olimpiade 2024 yang akan diselenggarakan di Prancis bulan Juli nanti. Sesuai tema, struktur yang ditampilkan mengambil bentuk gedung ala Yunani antik dan beberapa cabang olah raga. Seperti yang tampak di bagian depan Jardin Biovès, lokasi pameran.

Dayung, salah satu cabang olah raga di Olimpiade
Renang

Struktur dengan bentuk obor Olimpiade dibangun tepat di depan Palais de l’Europe, yang menjadi lokasi kantor dinas pariwisata kota Menton..

Jardin Biovès dibelah oleh sebuah jalan. Kita bisa menyeberang rue Partouneaux seperti biasa, atau lewat jembatan penyeberangan yang khusus dibangun selama Festival. Sekalian membuat foto dengan pemandangan lebih luas ke dua arah. Satu sisi ke arah laut (.

bagian depan Jardin Biovès
Sisi lain ke arah pegunungan

Bangunan-bangunan kolosal setinggi 10 meter ini diiringi suara latar yang bersesuaian. Seperti struktur terakhir yang menggambarkan cabang olah raga skateboard yang diiringi suara derit roda papan luncur.

Mobil pawai hias tema skateboard
Foto @ville de Menton

Mobil-mobil hias dalam Corso pun mengambil tema Olimpiade. Seperti pemain rugby. Atau John Lemon, maskot kota Menton, dalam ring tinju

Maskot kota Menton

Minim Sampah

Kemarin itu adalah kali ketiga saya dan suami menyaksikan Exposition Motifs d’Agrumes. Sejauh ingatan kami, pameran tahun ini lebih kecil. Memang sejak kembali diadakan sesudah sempat dihentikan pada tahun 2021 karena pandemi, skala struktur dikurangi. Namun bersamaan dengan itu, akses ke Jardin Biovès yang dulunya tertutup dan berbayar menjadi gratis!

Selain pameran struktur dan parade mobil hias, pengunjung bisa mengikuti berbagai workshop serta kunjungan (berbayar) yang berkaitan dengan lemon dan kota Menton. Di Palais de l’Europe yang terletak tepat di samping Jardin de Biovès diselenggarakan Salon de l’Artisanat yang memamerkan dan menjual produk UMKM, serta Festival des Orchidées yang memamerkan berbagai jenis anggrek dengan akses masuk tanpa biaya.

Ada sekitar 150 ton jeruk dan lemon yang digunakan selama Fête du Citron. Tentu saja lemon di sini bukan Lemon Menton. Selain Lemon Menton terlalu berharga, produksinya juga tak cukup untuk keperluan acara ini.

Setelah Pesta Lemon berakhir, buah-buahan–dan juga bunga-bunga– yang ditampilkan sepanjang acara ini tidak dibuang. Jeruk dan lemon yang masih layak, setelah dilepaskan dari struktur, dijual murah untuk umum di Jardin de Biovès, untuk dibuat jus atau selai.

Wangi Citrus

Festival Lemon sudah mendapat pengakuan Kementerian Kebudayaan Prancis dan dimasukkan dalam Warisan Budaya Takbenda pada tahun 2019. Sebuah acara yang layak diagendakan jika Anda sedang berada di sekitar Prancis selatan di akhir Februari.

Karena foto saja tidak cukup untuk mendeskripsikan keunikan susunan jeruk dan lemon itu. Ada wangi lembut aroma citrus yang menguar di udara, yang tak bisa saya sampaikan di sini!

Referensi: Ville de MentonFête du Citron

2 tanggapan untuk “Fête du Citron 2024: Dari Olimpia Sampai ke Menton

  • 19 Maret 2024 pada 19 h 36 min
    Permalink

    Wow, saya lihat fotonya sampai kagum-kagum! itu lemon semuanya ya! Bagusnya setelah itu lemonpun tidak mubazir. Kira2 ini lemon bisa dimakan nggak sih kalau kita comot? Lol

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *