Keutamaan Malam Lailatul Qadr dan Buka Puasa Bersama di KBRI Abu Dhabi

Catatan Anindita Tantri

Malam lailatul Qadr adalah malam yang lebih baik dr malam seribu bulan. Di hari Jumat, malam ke-27 bulan Ramadan, tanggal 5 April 2024 diadakan acara berbuka puasa oleh KMMI (Keluarga Masyarakat Muslim Indonesia) di Abu Dhabi. Bertempat di KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) Al Yaqout Street, Al Rawdah, acara buka puasa bersama dan shalat tarawih dilakukan.

Ada yg berbeda di malam ke-27 ini, selain peluang terakhir untuk mendapatkan malam Lailatul Qadr ceramah penuh makna juga dibawakan oleh Ustadz Suratno Munajab untuk mengingatkan kita semua akan keutamaan malam yang lebih baik dari 1000 bulan ini. Kita diminta untuk meningkatkan ibadah baik wajib ataupun sunah.

Di luar ruangan, beberapa ibu bersuka rela menyiapkan takjil dan makanan utama untuk berbuka puasa. Diperkirakan 300 orang lebih menghadiri acara buka puasa bersama ini. Ketika adzan berkumandang para Jamaah telah berkumpul bersama dan duduk tertib siap untuk menikmati hidangan berbuka yang telah disiapkan.

Setelah buka bersama, diadakan sholat magrib berjamaah. Setelah itu berlanjut sholat isya dan tarawih di Masjid Jokowi. Masjid yang dibangun pemerintah UAE untuk Indonesia. Masjid ini dibuka untuk umum tidak hanya untuk komunitas Indonesia. Karena hal itu, pengurus Masjid baik imam ataupun marbot disiapkan oleh pemerintah UAE.

Moment Ramadan adalah saat yang paling berharga. Tidak hanya berpuasa tapi kebersamaan yang dijalin selama bulan Ramadan telah merekatkan umat muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadan adalah bulan ketaatan dimana pahala dilipat gandakan, ibadah-ibadah sunnah dihidupkan, semangat berbagi, dan memberi makan telah menjadi kebiasaan.

Semoga semangat ketaatan yang telah dibangun selama 30 hari di bulan Ramadan bisa menjadi bekal di 11 bulan mendatang. Kita berdoa agar Allah Swt. menerima puasa, sholat, sedekah kita juga doa-doa dimakbulkan.

Ramadan tahun ini penuh kesan dari ujung dunia utara hingga selatan. Menunjukkan bahwa agama ini telah diterima oleh berbagai kalangan. Semoga Allah Swt terus menjaga iman Islam kita hingga menutup mata nanti.

Satu tanggapan untuk “Keutamaan Malam Lailatul Qadr dan Buka Puasa Bersama di KBRI Abu Dhabi

  • 12 April 2024 pada 8 h 31 min
    Permalink

    MashaAllah banyak juga yang Muslim WNI di sana.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *