Perayaan Idul Fitri Penuh Semangat di Masjid Presiden Joko Widodo Abu Dhabi

Dalam suasana yang penuh kebahagiaan dan semangat persaudaraan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Abu Dhabi menyelenggarakan perayaan Idul Fitri dan Halal Bihalal pada tanggal 10 April 2024 / 1 Syawal 1445 H.

Tahun ini, menjadi momen istimewa karena untuk pertama kalinya, Shalat Idul Fitri dilaksanakan di Masjid Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, yang berkapasitas 2500 orang, sejak mesjid ini dibuka untuk umum pada 14 Desember 2023 yang lalu. Kegiatan ini dihadiri oleh Warga Negara Indonesia (WNI) serta sejumlah Warga Negara Asing (WNA) dari berbagai negara, termasuk WN Emirat, India, Pakistan, dan Bangladesh, menandakan semangat inklusivitas dan persaudaraan.

Shalat Id dimulai pukul 06.22 yang dipimpin oleh Imam Salman Al Farisi asal dari Pontianak, dan dilanjutkan dengan Halal Bihalal yang berlangsung di KBRI Abu Dhabi pukul 07.00, yang berlokasi tidak terlalu jauh dari Masjid Presiden Joko Widodo. Acara Halal Bihalal ini diisi dengan sambutan hangat dari Duta Besar Husin Bagis, yang mengajak semua hadirin tidak hanya untuk merayakan hari kemenangan dan saling memaafkan, tetapi juga sebagai momentum untuk terus meningkatkan pelayanan kepada WNI dan WNA di Abu Dhabi. Beliau juga menekankan pentingnya meningkatkan hubungan bilateral dan kerjasama yang erat antara Indonesia dan Persatuan Emirat Arab di berbagai sektor.

Kegiatan Halal Bihalal dihadiri oleh sekitar 1000 orang WNI yang berada di Abu Dhabi dan sekitarnya, mayoritas dari mereka adalah pekerja di sektor formal, termasuk di Adnoc dan perusahaan besar lainnya di Abu Dhabi. Tak ketinggalan, 26 anggota TNI yang sedang transit setelah menjalankan misi bantuan kemanusiaan ke Gaza, Palestina, juga turut hadir dalam acara ini.

Para hadirin disuguhkan dengan lontong sayur dan opor ayam sebagai menu utama, dan dihibur dengan lagu-lagu religi Islam oleh musisi WNI yang berada di Abu Dhabi. Perayaan ini tidak hanya menjadi ajang berkumpul dan bermaaf-maafan bagi komunitas Indonesia di Abu Dhabi, tetapi juga menunjukkan semangat kebersamaan dan keramahan Indonesia kepada komunitas internasional.Dubes Husin Bagis berharap agar kegiatan ini dapat lebih mempererat tali silaturahmi antar WNI, serta antara Indonesia dan masyarakat internasional, sekaligus mempromosikan nilai-nilai kebaikan dan kerjasama yang menjadi dasar hubungan bilateral yang kuat antara Indonesia dan Persatuan Emirat Arab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *