Bidik Kawasan Eurasia, Indonesia Ikuti Pameran Expomed Eurosia di Istanbul

Guna memasuki pasar alat kesehatan di Eurasia, Indonesia berpartisipasi di Expomed Eurasia Istanbul, 25 – 27 April 2024. Partisipasi ini merupakan yang pertama kalinya di pameran alat kesehatan terbesar di Eurasia tersebut, yang diikuti oleh 700 peserta dari 16 negara, 1000 merek dan 20 ribu pengunjung.​

“Kehadiran Kemenperin pada ajang internasional ini ditujukan untuk memperkenalkan potensi industri alat kesehatan di Indonesia sebagai upaya penetrasi pasar internasional, khususnya pasar Eropa melalui Turki sebagai penghubungnya” ungkap Staf Khusus Menteri Perindustrian/Juru Bicara Kementerian Perindustrian, Febri Hendri Antoni Arif.

Selain Kemenperindustrian, delegasi Indonesia terdiri dari Kementerian Kesehatan, asosiasi (Asosiasi Produsen Alat Kesehatan Indonesia/ASPAKI, serta Gabungan Pengusaha Alat Kesehatan dan Laboratorium/GAKESLAB) dan sejumlah perusahaan, dengan didukung KBRI Ankara dan KJRI Istanbul. Sembilan perusahaan alkes nasional yang menjadi peserta dalam perhelatan tersebut yakni PT Sugih Instrumendo Abadi, PT Marthys Orthopaedic Indonesia, dan PT Rejeki Putra Putri Eliman, PT Cahaya Hasil Cemerlang Multi Manufaktur, PT Haloni Jane Tbk, PT Oneject Indonesia, PT Prodia Diagnostic Line, PT Graha Teknomedika, dan PT Kusuma Sukses Makmur.

“Kerja sama dan kolaborasi di bidang industri kesehatan baik farmasi dan alat kesehatan serta vaksin merupakan salah satu prioritas misi Indonesia di Turki. Partisipasi ini diharapkan dapat dorong kerja sama industri kesehatan kedua negara, dan negara lainnya di kawasan Eurasia” ungkap Achmad Rizal Purnama, Duta Besar RI untuk Turki. “Kedua negara diharapkan dapat saling mendukung dalam global supply chain industri alat kesehatan dunia” lanjut Dubes Rizal.

Selain pameran, delegasi Indonesia juga melakukan factory visit ke sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang industri alat kesehatan di Ankara seperti Prota, Oliga, Mixta, Geotek Medical, Tesa, Pasifik Medikal dan Nuve Sanayi. Pada pameran tersebut, delegasi juga mengadakan Forum Bisnis menghadirkan sejumlah pemain alat kesehatan Turki dan kawasan Eurasia lainnya.

Expomed Eurosia 2024 yang digelar di Tüyap Fair Convention and Congress Center, Istanbul, Turki merupakan pameran khusus di bidang peralatan medis, perbekalan medis, serta perawatan kesehatan di kawasan Eurasia.Dalam ajang tersebut juga terdapat lebih dari 1000 merek yang ditampilkan dalam berbagai kategori, seperti peralatan dan teknologi elektromedis, ortopedi-terapi fisik-rehabilitasi, manajemen rumah sakit dan fasilitas medis, serta produk-produk kesehatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *