Belajar Bahasa Turki Sulitkah?

Catatan Dian Akbas

Banyak orang mengira bahwa bahasa Turki sama dengan bahasa Arab. Tentunya salah dong. Sejak tahun 2005, saya menetap di Turki. Hal ini membuat saya harus belajar bahasa Turki. Agar bisa berkomunikasi dengan keluarga suami khususnya dan orang lokal pada umumnya.

Apakah bahasa Turki sulit? Tentu saja saat mempelajarinya saya mengalami kesulitan. Saya belajar bahasa Turki secara otodidak. Tidak mengikuti kursus. Suami pun tidak membimbing saya. Hanya saja dia “memaksa” saya untuk berbicara bahasa Turki, dengan cara dia berbicara bahasa Turki setiap hari. Menurut saya, ini metode radikal yang harus ditempuh oleh para cewek Indonesia yang bersuamikan cowok Turki dan tinggal di Turki jika ingin cepat bisa menguasai bahasanya. Jika si suami berbicara bahasa Turki setiap harinya, maka si istri wna ini akan terpaksa untuk berbicara. Jika ada kata-kata yang tidak dimengerti, bisa melihat kamus. Sekarang sudah ada Google translator, gunakan translator hanya untuk menerjemahkan kosakata saja. Jangan sengaja menerjemahkan kalimat yang akan kita ucapkan di sana, karena akan membuat kita terbiasa. Jadinya kita tidak belajar dan tidak akan memaksakan otak ini untuk berpikir.

Jadi, sebetulnya suami adalah kunci untuk bisa atau tidak bisanya si istri wna berbicara bahasa Turki. Perlu diingat, di mana kita tinggal? Di Turki. Tentunya harus berbahasa Turki. Kalau si suami bicara menggunakan bahasa Inggris pada istrinya, berarti dia tidak menginginkan istrinya bisa bahasa Turki.

“Insan mecbur kalınca, her şeyi yapabilir”, terjemahan bebasnya: manusia itu kalau terpaksa bisa melakukan apa saja. Peribahasa ini dengan belajar bahasa Turki apa hubungannya? Ketika kita merasa terpaksa untuk berbicara bahasa Turki, maka kita pun akan berusaha segala upaya yang akhirnya jadi bisa.

Sejak awal saya mempelajari bahasa Turki secara otodidak, saya pun menuliskannya. Saya bercita-cita akan menulis bukunya agar bisa dipelajari oleh orang lain. Alhamdulillah, pada tahun 2021, saya sudah merealisasikan mimpi saya tersebut. Tahun 2021, saya launching ebook Bahasa Indonesia-Türkçe dengan judul “Mari Belajar Bahasa Turki” (MBBT).

Saya menulis buku ini berdasarkan pengalaman sendiri. Grammar pun tidak semua saya tuliskan. Cukup grammar untuk bisa ngobrol sehari-hari saja. Buku ini juga dilengkapi dengan latihan-latihan di setiap babnya.

Kemudian, saya menerbitkan ebook aktivitas dengan versi English-Türkçe

1.Seri Let’s Play, berisi 3 buku: Let’s Play Words,Let’s Play Sentences, dan Let’s Play Numbers

2. Seri Let’s Go, berisi 3 buku: Let’s Go Countries, Let’s Go Cities, dan Let’s Go Vacation.

3. Let’s wave the flags

Selain itu, pada tahun 2023, saya menerbitkan ebook MBBT versi English-Türkçe. Ebook ini berjudul “Let’s Learn Turkish”.

Saya pun kemudian menerbitkan seri kamus 3 bahasa (Indonesia-English-Türkçe): Kamus Sayuran, Buah-buahan, dan Bumbu.

Bagi teman-teman yang ingin belajar bahasa Turki dasar, silakan unduh ebook-ebook yang saya tulis tersebut di link-link berikut ini:

Mari Belajar Bahasa Turki (Bahasa Indonesia-Türkçe): https://t.me/tlbc1/832

Let’s Learn Turkish (English-Türkçe): https://t.me/tlbc1/826

Let’s Play Words: https://t.me/tlbc1/829

Let’s Play Sentences:https://t.me/tlbc1/830

Let’s Play Numbers: https://t.me/tlbc1/831

Let’s Go Countries:https://t.me/tlbc1/853

Let’s Go Cities: https://t.me/tlbc1/854

Let’s Go Vacation: https://t.me/tlbc1/855

Vegetable Dictionary: https://t.me/tlbc1/852

Fruits Dictionary: https://t.me/tlbc1/857

Spices Dictionary: https://t.me/tlbc1/858

Satu tanggapan untuk “Belajar Bahasa Turki Sulitkah?

  • 6 Mei 2024 pada 10 h 57 min
    Permalink

    Keren Mbak Dian berbagi ilmu secara free.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *